1.700 Undangan Bakal Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Buton

179
ILUSTRASI PELANTIKAN (FOTO INT)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Pelantikan Anggota DPRD Buton terpilih periode 2019/2024 dijadwalkan akan digelar 1 Oktober 2019. Sedikitnya 1.700 undangan bakal menghadiri pelantikan para wakil rakyat hasil Pemilu 2019 itu.

“Kita siapkan undangan sebanyak 1.700 untuk pelantikan anggota DPRD Buton terpilih yang akan dilaksankan di gedung DPRD Buton,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Buton, Harsila kepada Rubriksultra.com belum lama ini.

Undangan itu, kata dia, akan dibagikan akan dibagikan ke anggota dewan terpilih dan anggota dewan lama beserta istri. Undangan khusus juga untuk Gubernur Sulawesi Tenggara serta jajaran Pemerintah Provinsi Sultra, lalu untuk KPU dan juga Bawaslu Buton.

Selain itu, undangan juga akan diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Buton, unsur Forkopinda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, termasuk partai politik.

“Dalam setiap satu undangan khusus anggota DPRD bisa mengajak 30 anggotanya,” katanya.

Meski hanya 1.700 undangan, namun kursi yang disiapkan sebanyak 4.000 buah. Persiapan ini untuk mengantisipasi jangan sampai setiap undangan tak hadir seorang diri.

“Estimasinya bila satu undangan dikali dua maka jumlahnya 3.400. Itu belum termasuk mereka yang hadir tanpa undangan,” katanya.

Apalagi pelantikan ini adalah puncak dari pesta rakyat yang digelar pada April 2019 lalu. Tentu simpatisan pendukung calon yang menang ingin melihat serta memberikan dukungan kepada calon yang telah didukungnya saat pelantikan.

Dengan begitu, pihaknya juga akan menyiapkan tenda sekitar 10 sampai 15 petak yang akan dipasang di halaman kantor DPRD Buton. Didalam tenda akan dilengkapi dengan layar TV yang dimksudkan agar undangan yang tidak masuk di gedung bisa menyaksikan acara pelantikan melalui layar.

Baca Juga :  Satu Anggota DPRD Buton Meninggal Dunia

Untuk keamanan, Harsila mengaku telah bersurat ke Polres Buton. Selain itu juga meminta bantuan dari Satpol PP Kabupaten Buton.

“Khusus untuk lalu lintas juga ada Dinas perhubungan Buton, kami sudah koordinasi,” katanya.

Saat ini kesiapan penyelenggaraan pelantikan sudah 80 persen. Harsila berharap besar acara pelantikan yang diselenggarakan lima tahun sekali ini bisa sukses, aman dan berjalan lancar.

“Simpatisan yang hadir juga kami harapkan dapat menjaga ketertiban,” katanya. (adm)

Peliput : Afrizal

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3