Hindari Korupsi, Bupati Konawe Usul Kenaikan Gaji Rp 200 Juta ke KPK

Kery Syaiful Konggoasa

KENDARI, Rubriksultra.com – Dalam pertemuan dengan tim Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa mengusulkan kenaikan gaji kepala daerah.

Ia menyebut, bagi kepala daerah dengan beban kerja dan risiko yang ditanggung, layak mendapatkan gaji Rp 200 juta perbulan.

Menurut Kery, bupati mengelola uang negara hingga triliunan, namun gajinya tidak sampai Rp 6 juta.

“Kalau bisa, saya minta 200 juta,” kata Kery ditemui usai menghadiri rakor bersama Korsupgah KPK di Kantor Gubernur Sultra, Rabu 24 April 2019.

Selain gaji, kepala daerah sejatinya menerima dana rutin setiap bulannya. Hanya saja, kata Kery, dana tersebut tidak sembarangan digunakan kepala daerah.

“Memang ada dana rutin. Tapi tidak bisa diambil begitu saja tanpa digunakan. Kalau digunakan akal akalan, itu fiktif,” ujarnya.

Ia bilang, dana rutin ini biasa digunakan untuk perjalanan bupati di luar daerah. Hanya saja, dirinya paling jarang berplesiran.

“Saya ini yang tidak tahan naik pesawat. Paling hanya dua kali naik pesawat,” jelasnya.

Soal tunjangan, kata dia, jumlahnya pun tak seberapa. Kenaikan gaji Rp 200 juta ini, kata dia, bisa menjadi bekal bagi kepala daerah jika pensiun. “Satu tahun e, kalau 200 juta, banyaknya mi,” katanya.

Selain itu, gaji sebesar itu bisa menghindari kepala daerah dalam prilaku korupsi. “Bisa menjaga tidak korupsi. Agar kita tidak macam-macam lagi,” tuturnya. (adm)

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  PAN Konawe Registrasi Caleg Hari Terakhir