14 Desa di Busel Gelar Pilkades, Kandidat Teken Deklarasi Damai

89
Bupati Busel, H.La Ode Arusani, berpose bersama unsur Forkopimda usai penandatangan deklarasi damai Pilkades serentak, di Gedung Wisata, Kamis 25 November 2021. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Para calon kepala desa di 14 desa di Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 28 November 2021 mendatang menandatangani deklarasi damai. Penandatanganan deklarasi berlangsung di gedung Wisata Rujab Bupati Busel, Kamis 25 November 2021.

Penandatanganan disaksikan langsung Bupati Busel, H.La Ode Arusani. Turut hadir Komandan Kodim 1413 Buton, Kejaksaan Negeri, Kapolres Baubau, Kapolres Buton, Ketua Panitia Pilkades, Ketua Panwas Pilkades, para Kepala OPD, dan para camat.

H.La Ode Arusani sangat menyambut baik penyelenggaraan pilkades setentak tersebut. Terutama komitmen deklarasi damai yang ditunjukan masing-masing kandidat.

Menurut orang nomor satu di Busel ini, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 menjadi titik awal sejarah pemilihan kepala desa. Pilkades penting melahirkan sosok pemimpin guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Terdapat tiga point utama deklarasi damai yang ditandatangani para calon kepala desa itu. Diantaranya pertama bersepakat untuk menjamin pelaksanaan pilkades serentak se-Kabupaten Buton Selatan agar berjalan secara damai, lancar, aman dan kondusif.

Kedua para calon kepala desa siap menaati dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tata tertib yang telah dibuat panitia pilkades. Ketiga para calon kepala desa siap untuk menerima kemenangan dan kekalahan dalam pilkades melalui proses yang demokratis. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Baca Juga :  Ini Jadwal Seleksi CASN Busel