Waspada Longsor dan Banjir

BAUBAU- Cuaca buruk melanda sebagian wilayah Indonesia beberapa hari terakhir. Kota Baubau salah satunya. Kondisi ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meningkatkan kewaspadaan.

Kepala BPBD Kota Baubau, Muslimin Hibali menjelaskan saat ini status siaga bencana sudah diberlakukan dibeberapa titik yang dianggap rawan. Pihaknya juga, sudah melakukan langkah antisipasi terutama di wilayah Kecamatan Bungi dan Wolio yang rawan banjir. ”

- Advertisement -

“Para relawan dari masyarakat kita sudah siagakan, ini dilakukan mengingat didua titik ini rentan banjir,” paparnya ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

BPBD juga telah melakukan koordinasi kepada aparat setempat agar informasi penanganan banjir cepat dilakukan. “Kita libatakan relawan di dua kecamatan ketika mereka melihat banjir, maka BPBD segera melakukan langka-langka penanganan,” tambahnya.

Mantan Camat Wolio ini mengaku timnya juga sudah melakukan pemantauan terhadap wilayah pegunungan yang dikhawatirkan terjadi longsor. Diantaranya wilayah Kecamatan Kokalukuna dan Kelurahan Waborobo.

“Ini juga menjadi perhatian kita, jika terjadi kita hanya bisa lakukan penangan secara manual, tapi jika longsornya begitu besar maka kita meminta bantuan kepada dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk membantu pembersihan”. (ar)

Facebook Comments
Baca Juga :  2017, PA Baubau Cetak 500 Janda