Balon Walikota Baubau Lewati Sembilan Tahap Pemeriksaan Kesehatan

KENDARI– Lima bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Baubau 2018-2023, mulai menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan di RS Bahteramas, Jum’at (12/01). Pemeriksaan kesehatan (rikes) dipimpin Direktur Rumah Sakit Bahteramas, dr. M. Yusuf Hamra, M,Sc, Sp, PD.

Bapaslon IBM-Ilyas merupakan pasangan yang menjalani rikes, disusul oleh Rossy, Mama Ikhlas, Tampil Manis dan Sang Kaisar.

- Advertisement -

Dalam proses rikes, bapaslon melewati 9 tahapan rikes. Tahapan rikes dimulai dengan pendaftaran dan mengganti pakaian pemeriksaan kesehatan di ruang sekretariat, pemeriksaan penyakit kulit dan kelamin, pemeriksaan penyakit saraf dan penyakit dalam, dan pemeriksaan gigi dan mulut.

Selanjutnya pemeriksaan mata, pemeriksaan patologi anatomi, pemeriksaan Radiologi serta pemeriksaan THT. Pemeriksaan Psikiatri mengakhiri seluruh tahapan rikes bapaslon.

“Pemeriksaan satu bapaslon bisa saja berlangsung selama dua hari. Karena keterbatasan waktu dan juga banyaknya item pemeriksaan,” ungkap Yuliana, S.Psi, M.Si, tenaga medis pendamping Mama Ikhlas.

Dikatakan, setiap pemeriksaan membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Dan bisa saja dilakukan pemeriksaan ulang apabila diperlukan.

“Kami melayani pemeriksaan selama jam kantor. Setelah itu akan dilanjutkan kembali esok hari. Dan bila diperlukan bapaslon yang sudah menyelesaikan pemeriksaan dipanggil kembali guna melakukan pemeriksaan lanjutan, terutama bila menyangkut hasil rikes narkotika,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, untuk psikotes akan digelar dalam dua sesi, yakni sesi menjawab pertanyaan dan sesi wawancara. “Sesi pertanyaan itu secara keseluruhan dengan waktu yang telah ditentukan. Kalau sesi wawancara membutuhkan waktu yang lama, karena bapaslon masuk secara satu persatu,” urainya.

Hasil pemeriksaan secara keseluruhan akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) 16 Januari mendatang. “Kalau tidak ada perubahan rangkaian terakhir rikes akan digelar Minggu (14/01). Dan hasil rikes keseluruhan akan diserahkan Selasa (16/01) ke KPU,” pungkasnya.(***)

Facebook Comments
Baca Juga :  Wali Kota Baubau Terpilih Ditetapkan, Sekot Optimis Baubau Lebih Baik Lagi