Ratusan Jemaah Abu Tours Gagal Berangkat Umroh

KENDARI, Rubriksultra.com– Sebanyak 160 jemaah umrah Abu Tours di Kota Kendari untuk pemberangkatan bulan Januari 2018 ini gagal diberangkatkan ke Tanah Suci.

Supervisior Abu Tours dan Travel cabang Kendari, Sapto, menjelaskan penundaan keberangkatan calon jemaah umroh dan haji tersebut dikarenakan adanya kenaikan pajak dari Arab Saudi dari 1 persen menjadi 5 persen.

- Advertisement -

“Kenaikan pajak mengakibatkan regulasi berubah. Kami masih menunggu kepastian keberangkatan dari pusat karena keberangkatan Itu bukan wewenang kami, tapi wewenang pusat. Kami masih menunggu proses penyelesaian dari Abu Tours dengan pihak Arab Saudi,” kata Sapto, di Kantor Abu Tours Kendari, Selasa 16 Januari 2018.

Dengan penundaan ini, kata Sapto, ada beberapa calon jemaah yang datang mempertanyakan kepastian keberangkatan. Dan Abu Tours sudah melakukan komunikasi dengan calon jemaah yang terdaftar keberangkatan Januari.

Abu Tours kata Sapto, tetap bertangungjawab dan tetap berkomitmen pada calon jemaah yang diberangkatkan. “Pihak Abu Tours tidak ingin mebebankan kepada calon jemaah. Namun, kami minta pengertian dari calon jemaah maupun agen dan mitra bisa dipahami dan dimengerti penundaan ini,” terangnya.

Sementara, untuk jadwal keberangkatan bulan Januari yang sudah disusun telah terbengkalai dengan adanya tambahan pajak 5 persen, Abu Tours akan menyusun ulang jadwal.

“Keberangkatan di bulan Januari ini masih dalam keadaan yang tidak pasti karena sudah masuk pertengahan bulan. Kita akan mengatur jadwal ulang untuk keberangkatan akan dimulai 10 Februari,” jelasnya.

Walaupu keberangkatan mengalami penundaan, Abu Tours Kendari tetap melayani calon jemaah agen dan mitra dengan baik.

“Penundaan keberangkatan ini bisa menjadi pembelajaran buat kita semua dan bersabar diri bahwa kita hanya manusia biasa yang bisa merencanakan dan keputusan kita kembali kepada Allah,” harap Sapto.

Baca Juga :  Putra Bupati Pimpin KNPI Wakatobi

Di tempat yang sama, agen Abu Tours Kendari, Hj Sugianti, mengaku telah menerima penjelasan dari pihak Abu Tours dengan penundaan keberangkatan ini. Dengan situasi seperti ini harus dipahami karena kejadian ini tidak disengaja dan tidak pula direncanakan oleh pihak Abu Tours

“Saya sudah menerima penjelasan tadi. Tapi saya dengar ditunda itu bingung kenapa tiba-tiba ditunda, sementara selama ini Abu Tours pelayananya bagus dan tidak ada yang terhambat,” katanya

Sugianti sangat memahami situasi seperti ini karena segala sesuatu itu pasti ada hikmahnya. “Jangan sampai kita berangkat ini hari ada musibah yang tidak kita duga, kita serakan saja semuanya kepada Allah pasti akan memberikan jalan keluarnya,” tambahnya.

Dirinya berharap kedepan Abu Tours bisa lebih bagus menjaga kepercayaan terhadap calon jemaah, agen dan mitra lebih baik lagi untuk nama baiknya Abu Tours sendiri di masyarakat.(***)

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments