Demokrat Sultra Target Sapu Bersih Pilkada 2018

KENDARI, Rubriksultra.com- Partai Demokrat menargetkan sapu bersih empat pilkada serentak 2018 di Sultra. Hal ini diungkapkan Ketua DPD Demokrat Sultra Muhammad Endang SA saat memberikan sambutan di acara rapat kerja daerah khusus (rakerdasus) DPD Demokrat Sultra di Grand Clarion Hotel Kendari, Kamis 25 Januari 2018.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Laskamana Pertama TNI Fajar Sampurno. Di Sultra ada empat daerah yang menyelenggarakan pilkada. Yakni, Kolaka, Baubau, Konawe dan Pemilihan Gubernur Sultra. “Empat pilkada mau tidak mau kita harus berusaha menangkannya,” ungkap Endang.

- Advertisement -

Di Pilgub Sultra 2018, Demokrat mengusung pasangan Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar, di Pilkada Kolaka memenangkan pasangan Ahmad Sjafei-Jayadi, di Konawe mengusung pasangan Litanto dan Murni Tombili. Di Baubau mendukung pasangan Haji Yusran Fahim (HYF) dan Ahmad Arfa.

Menurutnya, kemenangan di pilkada koheren dengan kemenangan di Pilcaleg. “Misalnya, Demokrat menang di Konut karena bupatinya dulu Demokrat. PAN menang di Kota Kendari karena wali kotanya PAN, Golkar menang di Konsel, karena bupatinya Golkar. Makanya kita harus menangkan pilkada dan gubernur,” jelasnya.

Dia menyebut, setiap partai mengalami dinamika dalam pengusulan calon. Dia memastikan perbedaan itu ada diantara kader. Akan tetapi, tekan dia, perbedaan itu hanya boleh terjadi pada tahapan proses. Setelah DPP mengambil sikap memutuskan calon, maka sebagai kader hanya tahu siap laksanakan perintah.

“Tentu bagi para pejabat utama, apalagi anggota dewan yang tidak mendukung paslon, tentu akan ada sanksinya. Mulai sanksi ringan dan terberat sudah ada dalam AD ART,” katanya.

Berdasarkan data internal Demokrat, pada pilcaleg 2014, dari 17 kabupaten atau kota, Demokrat menempatkan 11 kadernya duduk di kursi pimpinan dewan dan satu tercatat sebagai ketua di Konut. “Pada pilcaleg 2019 nanti, di 17 kabupaten atau kota kita harus dapat pimpinan semua,” ujarnya.

Baca Juga :  Takut Kandas, Kapal Tujuan Kaledupa Terdampar di Buton

Sementara itu, Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Laskamana Pertama TNI Fajar Sampurno mengaku, pada Pilkada serentak 2018, DPP telah memiliki target di 171 pemilihan. “Pilkada tahun ini, DPP sedang memantau terus. Mudah-mudahan, kita bisa menang 35 persen dari 171 daerah,” katanya.

Selain pemenangan Pilkada, kader juga harus fokus pada verifikasi faktual partai politik. “Bagaimana kita menyiapkan verifikasi parpol agar tetap memenuhi syarat,” katanya. (admin)

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments