Jalan Rusak, Warga Muna Demo Dinas PU

MUNA, Rubriksultra.com- Tak kunjung diperbaiki jalan poros Watopute-Matarawa, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Muna kembali didemo. Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Pemuda Pelajaran Kecamatan Watopute (APPPW) mendesak instansi tersebut merealisasikan janjinya dari tahun untuk memperbaiki jalan tersebut.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Adaman Dewa Putra dalam orasinya mengungkapkan, Dinas PU tidak merealisasikan perbaikan jalan Matarawa yang menghubungkan Bandara Sugimanuru Manuru. Padahal, dalam UU Nomor 22 tahun 2009 pasal 24 ayat (1) Penyelenggaraan jalan wajib segera dan patut untuk diperbaiki jalan yang rusak hingga menyebabkan kecelakaan lalulintas.

- Advertisement -

“Perbaikan jalan ini menjadi tanggungjawab sepenuhnya Dinas PU. Namun kenyataannya hanyalah janji yang pada saat itu akan mengerjakan secara bertahap sepanjang 1 Kilometer dengan tuntutan sepanjang 3 Kilometer namun yang terealisasi saat ini 570 Meter dan mandek,” katanya.

Oleh karena itu, Adaman mendesak Bupati Muna untuk menganggarkan perbaikan jalan Matarawa itu.

“Kami meminta pada Bupati Muna untuk menekan Dinas PU untuk segara melakukan perbaikan jalan Matarawa,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Muna yang diwakili Ramli salah satu staf mengatakan, kalau tahun ini sudah diusulkan pekerjaan tersebut dengan anggaran Rp. 4, 4 miliar.

“Sudah dianggaran lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 dan kami sendiri yang menyelesaikan, di Dirjen Bina Marga senilai Rp 4,4 Miliar,” katanya.

Usai mendengar jawaban dari pihak Dinas PU Muna, massa aksi menuju kantor DPRD kabupaten Muna untuk memperjelas anggaran perbaikan jalan Matarawa.

Di gedung perwakilan rakyat itu, mereka mengharapkan agar legislatif dapat menyuarakan dan mengawasi anggaran perbaikan jalan tersebut. (admin)

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Polres Muna Ciduk Empat Pelaku Pembunuhan di Desa Wantiworo