Ridwan Klaim Berhasil Perjuangkan Proyek Jembatan Buton-Muna-Konsel

KENDARI, Rubriksultra.com- Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ridwan Bae tidak sia-sia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan tersebut.

“Kemarin mereka sudah turun. Tim dari PU PR sudah meninjau lokasi langsung rencana pembangunan jembatan penghubung Buton-Muna dan Tampo-Tolitoli,” ungkap anggota DPR RI Ridwan Bae, Minggu 28 Januari 2018.

- Advertisement -

Menurut dia, aspirasinya selama ini terkait dengan pembangunan jembatan tersebut ternyata diterima oleh Kementerian. “Artinya mereka sudah mulai bekerja atas usulan saya,” katanya.

Ridwan mengaku, sejatinya dirinya turut hadir dalam peninjauan lokasi jembatan penghubung tiga kabupaten ini. Namun, karena kesibukan verifikasi partai, dia tak sempat.

Namun, dia sudah berkomunikasi dengan salah seorang direktur di Kementerian PU PR melalui telepon seluler bahwa jembatan itu sementara dalam peninjauan langsung. “Pagi ini mereka sementara di Tampo bersama Balai Jalan dan Jembatan. Mereka datang untuk melihat rencana lokasi pembangunan jembatan,” katanya.

Biasanya, kata Ridwan, setelah peninjauan lapangan, pihak kementerian akan melakukan studi lebih dulu. Setelah studi, kementerian akan membuat perencanaan pembangunan jembatan. “Tentu untuk waktu pembangunannya tergantung lobi saya dan kemampuan keuangan negara. Ini bukan anggaran sedikit. Nanti setiap rapat akan saya sampaikan terus,” katanya.

Untuk jembatan yang menghubungkan Tampo-Tolitoli itu panjangnya sekitar 10 kilometer. Sedangkan Baruta diperkirakan hanya 1 sampai 2 kilometer.

Menurut Ridwan, jembatan ini akan memudahkan akses warga dalam pengangkutan komoditas hasil pertanian baik dari daratan Kendari, Muna atau pun Buton. “Kebutuhan antar-wilayah selama ini agak susah. Dengan jembatan penghubung ini akses sudah sangat mudah,” alasnya.

Jembatan penghubung Muna-Buton ini rencananya akan dibangun di Desa Baruta Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah. Sedangkan jembatan yang menghubungkan Muna dan Konsel akan dibangun di Tampo-Tolitoli. “Kalau dari Baubau ke Kendari, tinggal memilih bisa lewat kapal laut atau kendaraan darat,” paparnya.(admin)

Baca Juga :  Survei JSI : Asrun-Hugua Naik, AMAN dan Rusda-Sjafei Turun

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments