Ikan Paus Sepanjang 16 Meter Terdampar di Pantai Bombana

BOMBANA, Rubriksultra.com- Ikan paus dengan panjang kurang lebih 16 meter terdampar di pesisir pantai Tompobatu Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana, Kamis 1 Februari 2018.

Ikan Paus jenis Sperma ini pertama kali ditemukan salah seorang nelayan, H Kadir (60) sekira pukul 08.00 Wita saat dirinya hendak pergi melaut.

- Advertisement -

Kadir mengaku, awalnya ia tidak mengetahui benda besar itu tetiba tergeletak di pantai tanpa bergerak. Ia pun mencoba memastikannya, ternyata benar, itu ikan paus dengan tinggi kurang lebih tiga meter. “Waktu saya mau turun melaut sekitar pukul 08.00 Wita, saya juga kaget ternyata ikan paus,” ungkap Kadir.

Ketua Kelompok Nelayan Pancing Tunggal Kabupaten Bombana ini menyebut, kondisi paus saat pertama kali diketemukannya itu sudah tidak bergerak lagi.

Ia menduga, air laut surut menjadi penyebab ikan itu terdampar di pantai daerah yang kaya akan tambang emas tersebut. “Saya tidak mengetahui pasti apa penyebab yang membuat ikan itu mati,” ujarnya.

Dari segi fisik, kata dia, terdapat beberapa luka di tubuh paus. Dia memungkinkan, paus ini mati karena usai berkelahi dengan kawanan paus lainnya. “Banyak sekali luka di bagian punggung belakangnya dan mulutnya, ” sebutnya.

Adanya ikan paus yang terdampar ini, membuat masyarakat datang menonton. Hingga saat ini, belum ada petugas yang akan melakukan evakuasi terhadap ikan paus jenis langka tersebut.(admin)

 

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Tujuh Jabatan Esolon II di Butur Segera Dilelang