KPU “Incumbent” Tak Dijamin Lolos

KENDARI, Rubriksultra.com- Meski berstatus “incumbent”, empat anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra yang akan maju kembali tak dijamin lolos.

Empat Anggota KPU Sultra yang akan maju kembali adalah Hidayatullah (Ketua), La Ode Abdul Natsir Moethalib, Iwan Rompo Banne dan Tina Dian Ekawati Taridala. Sedangkan Andi Sahibuddin dikabarkan tidak akan maju lagi.

- Advertisement -

Anggota KPU RI Ilham Saputra mengaku, bisa saja KPU incumbent tidak bisa lolos karena sulitnya soal-soal tes yang mereka ikuti nanti.

“Bisa saja tidak lolos. Tidak ada jaminan biar incumbent,” ungkap Ilham Saputra, Jumat 2 Februari 2018.

Model tes seleksi KPU Sultra ini sudah berbeda dengan sebelumnya. Untuk tes tertulis, para calon akan menggunakan model ujian komputer.

Untuk itu, mata Ilham, seluruh calon harus banyak belajar. Sebab, soal-soal yang akan disajikan adalah mengenai wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan lainnya.

“Tergantung hadapi soal sulit. (Soal) terkait wawasan kepemiluan, kebangsaan dan pengetahuan umum. Mereka harus belajar,” ujarnya.

Dia menyebut, keempat anggota KPU Sultra itu tidak masalah bila maju kembali hingga periode 2023 nanti. “Tidak masalah karena mereka memenuhi syarat dan baru sekali terpilih,” katanya.

Kepada Tim Seleksi, Ilham menyebut telah melakukan pembekalan. Timsel diharapkan bisa memilih calon komisioner yang sesuai prinsip transparan, yang terbaik dan paham kepemiluan.

“Dan utamanya berintgeritas, itu yang paling penting. Penyelenggara sangat terkait integritas pemilu. Biar pintar kalau tidak berintgeritas maka tidak bisa,” pungkasnya.(admin)

 

 

Sumber: Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Dewan Usul Satu Raperda Inisiatif