Sebelum Berakhir Masa Jabatan, Hado Hasina Ingin Benahi Kawasan Benteng Keraton

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pj Walikota Baubau, Hado Hasina menggagas pembenahan sekitar kawasan Benteng Keraton untuk dijadikan focal point Kota Baubau. Dengan mempertimbangkan aspek keindahan alam dan sejarah, kawasan Benteng Keraton diharapkan menjadi simbol visual yang kuat karena memiliki sesuatu yang khas dan tidak dimiliki daerah lain.

Hado Hasina menjelaskan di dalam kompleks Benteng Keraton terdapat banyak bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Buton. Namun dengan mempertimbangkan masa pemerintahannya yang hanya akan berkisar satu tahun, maka pembenahan akan dipusatkan pada kawasan sekitar Masjid Agung Keraton yang memiliki nilai historis tinggi bagi masyarakat Buton.

- Advertisement -

“Pembenahan direncanakan dilakukan disekitar lokasi tiang bendera yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan Masjid Keraton,” jelasnya dalam rilis yang disampaikan saat menghadiri rapat paripurna istimewa pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Baubau, Selasa 3 April 2018.

Pembenahan pada lokasi tiang bendera (baca : Kasula Tombi) juga akan mempertimbangkan untuk memperkuat posisi tiang bendera yang sudah nampak miring. Pembenahan ini tentunya akan dilakukan secara hati-hati dan berkonsultasi dengan para ahli dan pihak terkait.

Selain melakukan pembenahan pada kawasan sekitar masjid dan tiang bendera, juga akan dilakukan pembenahan pada kawasan depan masjid yang selama ini dijadikan tempat melaksanakan beberapa ritual yang selalu turut dimeriahkan masyarakat Kota Baubau.

Diharapkan pembenahan yang dilakukan pada area depan Masjid Agung Keraton akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi berupa outlet yang memamerkan industri kreatif. Diantaranya pengrajin sarung, kerajinan kuningan, pakaian adat serta kuliner lokal. “Pembangunan focal point diharapkan dapat mewujudkan pelibatan aktif masyarakat serta cita-cita mudah mencari kerja di Baubau,” paparnya.

Selain kawasan Benteng Keraton Buton, Pj Walikota Baubau Hado Hasina juga menetapkan kawasan Pantai Nirwana sebagai rencana pembangunan focal point Kota Baubau. Apalagi kawasan pantai nirwana sejak dua dekade bahkan lebih, sudah menjadi lokasi obyek wisata lokal. (war)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan Warga Bombonawulu Buteng Dicokok Polisi