Dukung Swasembada Daging, Polda Sultra Sosialisasi di Buton

PASARWAJO, Rubriksultra.com – Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Sultra Kombes Erfan prasetyo menggelar sosialisasi dan advokasi pengendalian sapi betina produktif di Kabupaten Buton, Kamis 5 April 2018. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah pusat dan kepolisian.

Kata Erfan, target kegiatan itu untuk pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri. Makanya Polda Sultra menggandeng Dinas Tanaman Pangan dan Perternakan Sultra serta Dinas Pertanian Buton untuk menggelar sosialisasi dan advokasi.

- Advertisement -

“Melalui sosialisasi ini kita harap sapi betina produktif inilah kita bisa mengembangkan ternak lebih banyak lagi untuk meningkatkan dan menjaga kelangsungan persedian daging di masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, populasi ternak produktif saat ini semakin berkurang akibat banyak ternak betina produktif dipotong. Jika ini terjadi secara terus menerus, maka daerah akan mengalami kelangkaan pasokan daging.

Menurut Erfan, ternak sapi betina produktif harus diselamatkan untuk melestarikan sapi lokal dan mendukung peningkatan produksi daging.

“Jika pemotongan betina produktif kita cegah berarti kita ikut berpartisipasi dalam melestarikan sapi lokal kita. Sehingga populasi ternak ini akan menjadi sumber bahan baku yang luar biasa bagi peningkatan usaha produksi daging yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian kita dapat menurunkan ketergantungan pada impor tethadap kebutuhan daging nasional,” jelasnya.

Erfan berharap, seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dalam menjalankan aturan pelarangan pemotongan ternak betina profuktif. Keberhasilan program ini akan menyelamatkan ternak bibit atau induk yang pada akhirnya dapat mengembangkan populasi ternak secara nasional.

“Perbaikan pada sektor perternakan akan berdampak pada pengurangan ketergantungan negara kita terhadap impor dari negara lain,” imbuhnya.

Kadis Pertanian Buton Azizu mengatakan, akan terus bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan PKL untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Semua dilakukan bersama agar apa yang diharapakan bisa terwujud sehingga populasi sapi akan terus meningkat. (adm)

Baca Juga :  Naik Tipe, Polda Sultra Akan Dijabat Jenderal Bintang Dua

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments