Halo Sultra Diharapkan Masuk 10 Event Unggulan Indonesia

– Pj Gubernur Kagumi Kerajinan Kuningan Baubau

Pj Gubernur Sultra didampingi Pj Walikota Baubau saat berkunjung di stand pameran Pemkot Baubau sesaat setelah pembukaan pesona Halo Sultra tadi malam (23/4) (FOTO Kominfo Baubau for Rubriksultra)

KENDARI, Rubriksultra.com – Pembukaan Halo Ekspo 2018 dalam rangka memperingati HUT Sulawesi Tenggara ke 54 yang dipusatkan di pelataran Tugu Persatuan Eks MTQ Kendari tadi malam (24/4) berlangsung semarak.
Pesta kembang api menghiasi tugu MTQ setelah penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd resmi membuka kegiatan didaimpingi bupati dan walikota di Sultra.

- Advertisement -

Dalam release yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si menyebutkan gubernur mengapresiasi seluruh kegiatan Halo Sultra sebagai tradisi tahunan yang telah berlangsung 11 tahun dan telah menjadi agenda Wonderful Indonesia. Karena itu ia menghimbau seluruh stakeholder di daerah untuk membangun Sultra menjadi provinsi yang lebih baik.

“Terdapat 631 pulau, 71 teluk, dan 17 Kabupaten dan Kota, kaya adat, tentunya menjadi reprensentasi dan bingkai NKRI, sumber daya dan potensi daerah yang melimpah, harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan daerah ini, ini kekuatan kita, kekuatan Indonesa. Saya makn cinta dan bangga dengan provinsi Sulawesi Tenggara ini,” tandas Gubernur disambut tepuk riuh ribuan hadirin.

Sebagai bentuk ungkapan kebanggaan dan rasa terima kasih, gubernur memberi apresiasi kepada Bupati/Walikota dan semua pihak yang bekerja keras di Pesona Halo Sultra, apalagi gubernur menyaksikan langsung stand busana tenunan yang menambah decak kagumnya.

Hal senada diungkapkan Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI. Dikatakan pesona Halo Sultra telah menjadi salah satu dari 3 ribu event, yang kedepannya diharapkan bisa masuk dalam 10 besar even unggulan di Indonesia.

Usai pembukaan resmi, Gubernur yang didampingi segenap kepala daerah berkeliling mengunjungi stand pameran. Khusus di stand Kota Baubau yang merupakan salah satu stand yang banyak menyedot pengunjng, Gubernur disambut langsung Pj. Wali Kota Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT. Cukup lama gubernur di stand ini dimana ia mendengarkan secara seksama pemaparan Wali Kota HadoHasina, mulai dari konsep-konsep pembangunan, hingga aneka panjangan dalam stand.

Baca Juga :  Satu CJH Buteng Gagal Berangkat

Salah satu yang menjadi kekaguman Gubernur adalah kerajinan kuningan Baubau yang menonjolkan sejumlah aksesories diantaranya kuningan Kanturuna Wolio, Bosu, Gong, Dengu-dengu dan berbagai jeis teko. Bahkan Gubernur sempat bertanya banyak hal tentang industri kerajinan ini.

Stand pameran Baubau ini banyak diisi dokumentasi kesejarahan foto profil kepemimpinan darerah sejak berstatus Kota Administatif hingga Kota Otonom, aneka kerajinan rakyat dan poster-poster pembangunan daerah, serta tampilan hail pertanian yang dikemas dalam bentuk patung berhias bahan pangan hasil Kota Baubau yang banyak diapresisi pengunjung untuk berselfie ria.

Kadis Kominfo Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi menambahkan stand pameran Kota Baubau selama sepekan di Kota Kendari akan dikawal oleh gabungan 7 instansi di Kota Baubau, serta terlibat langsung dalam sejumlah acara pesona Halo Sultra; lomba fotografi nasional, seni budaya, expo dan pemilihan putra putri pariwisata Sultra 2018. Khusus carnaval, Kota Baubau tampil dalam busana tenun daerah khas Buton dengan ikon nenas sebagai simbol utama. (war)

Facebook Comments