DPRD Cirebon Akui Pariwisata Buton Luar Biasa

PASARWAJO, Rubriksultra.com – Komisi III DPRD Cirebon melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Buton. Kunjungan sebanyak 13 anggota DPRD itu ditemui Kepala Dinas Pariwisata Buton Zainudin Napa, Rabu 24 April 2018.

Ketua Komisi III DPRD Cirebon Doddy Aryanto mengatakan, Buton memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Buton memiliki wilayah yang indah sehingga tinggal dikemas dengan baik.

- Advertisement -

“Ini tinggal pengelolaan untuk mendatangkan investor sebagai corong keluar,” kata Doddy Aryanto.

Dia menambahkan, kunjungan mereka dalam rangka studi banding pariwisata.

“Banyak hal yang didapatkan dalam bidang pariwisata, walau baru pertama kali kesini. Ini luar biasa tinggal pengelolaan dan promosi. Utamanya kedatangan investor untuk corong keluar,” katanya.

Doddy mengungkapkan, antara Dinas Pariwisata Buton dan Dinas Pariwisata Cirebon sangat jauh berbeda. Buton memiliki tipe A sedangkan Cirebon tipe B. Padahal, skala pariwisata sama, memiliki laut dan keraton.

“Tapi belum dieksplor maksimal,” terangnya.

Doddy menyadari, keunggulan yang dimiliki Buton karena meski keterbatasan infrastruktur namun bisa memperlihatkan sisi keindahan yang dimiliki kategori maksimal. Apalagi ada Festival Budaya Tua Buton yang sudah tujuh kali digelar. Sementara, Pemda Cirebon belum fokus menangani pariwisata karena tidak masuk dalam visi dan misi pemda.

“Kalau Buton sudah masuk dalam visi dan misi daerah,” terangnya.

Doddi berharap, kedepan Dinas Pariwisata Cirebon bisa melakukan kunjungan di Buton l. Sehingga bisa membawa dampak perubahan yang baik untuk pengembangan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Buton La Ode Zainudin Napa mengatakan, kunjungan DPRD Cirebon pada prinsipnya ingin mengetahui strategi dan kebijakan dalam membangun Pariwisata di Kabupaten Buton. Padahal Kabupaten Buton selama ini dikenal sebagai tambang aspal.

“Ternyata dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Kabupaten Buton terangkat kembali melalui sektor pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mediasi Damai Gugatan RossY Ditunda Bulan Ramadan

Menariknya, lanjut Zainuddin, pariwisata Buton sudah mendapat perhatian pemerintah pusat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya anggaran pariwisata yang dikucurkan di Kabupaten Buton. (adm)

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments