Empat Bulan Tak Terima Gaji, Honorer DLH Butur Mengadu di Polsek Kulisusu

BURANGA, Rubriksultra.com – Sebanyak 47 dari 104 tenaga honorer lingkup Dinas Lingkungan Hidup (DLK) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) belum menerima gaji sepersen pun atau selama 4 bulan terakhir ini.

Padahalnya, berdasarkan pengecekan di Bank, upah perbulan mereka yang bervariasi dari Rp 500 ribu hingga, Rp 1,2 juta dengan total kurang lebih Rp 85 juta, sudah dicairkan, bahkan saldonya sudah nihil.

- Advertisement -

Akibatnya, Rabu, 2 Mei 2018 puluhan pegawai magang itu mendatangi Kantor Polsek Kulisusu dengan didampingi langsung Sekretaris DLH Butur, Muh Martin Nasir. Para petugas kebersihan ini ke kantor korps baju coklat itu hanya mengadu untuk dicarikan solusi perihal gaji mereka tersebut yang tak kunjung dibayarkan.

Saldin yang merupakan salah seorang petugas kebersihan saat diwawancarai sejumlah awak media mengungkapkan, ia belum menerima gaji sedikit pun dari jerih payahnya yang tiap hari bertugas sebagai petugas penyapu jalan.

“Saya bekerja sejak pukul 04.00 hingga 06.30 Wita. Kami harus meninggalkan rumah demi menunaikan tugas membersihkan sampah di jalan. Tapi, dari bulan Januari hingga saat ini belum terima gaji saya sebesar Rp 1 juta per bulan,” ucapnya dengan raut wajah sedih.

Laporan dari puluhan pegawai magang itu diterima langsung Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali. Dihadapan honorer itu, ai berjanji bakal segera menindaklanjuti persoalan ini.

Untuk bahan laporan dan bahan penyelidikan, pihaknya masih akan mengumpulkan bukti-bukti atau bahan keterangan, sesuai dengan laporan yang diterimanya itu.

“Kalau memang setelah dilakukan penyelidikan awal kuat dugaan tindak pidana korupsi, kita koordinasi dengan Polres,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DLH Butur Tayeb belum bisa dikonfirmasi. Saat sejumlah awak media bertandang ke kantornya, bersangkutan tak ada di tempat. Begitu pun ketika dihubungi via selulernya tak aktif. (adm)

Baca Juga :  PAD Sektor Pariwisata di Baubau Rp 19,5 Juta

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments