Banjir Rendam 10 Hektare Persawahan di Butur

BURANGA, Rubriksultra.com – Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Buton Utara (Butur) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai curah hujan tinggi selama beberapa hari kedepan. Khususnya yang tinggal di wilayah rawan banjir seperti Kulisusu Barat, Bonegunu, Kambowa, dan Kulisusu Utara.

Sebab, intensitas curah hujan diprediksi seperti tahun lalu masih akan mengguyur daerah otoritas Abu Hasan itu.
Intensitas hujan beberapa hari ini mengakibatkan tercatat 10 hektare sawah terendam banjir, 3 rumah dan 1 obyek wisata Karede yang terletak di Desa Eeensumala, Kecamatan Bonegunu terendam.

- Advertisement -

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur Yurif Halir mengatakan, masyarakat untuk tetap waspada, karena curah hujan semakin tinggi sama halnya tahun lalu.

“Tentu masyarakat tetap siaga atau hati-hati, dari BPBD Buton Utara tidak tinggal diam tetap berupaya membantu walupun pemerintah daerah belum mengganggarkan normalisasi sunggai yang sering mengalami luapan,” ujar Yurif Halir melaui sambungan selulernya, kemarin (11/5).

Jelasnya, sambung dia pihaknya mengupayakan melakukan koordinasi secara intens dengan aparat setempat untuk melakukan penanganan secara cepat bagi korban banjir. Serta pemberian bantuan sesuai yang dibutuhkan, serta melakukan pemantauan secara intens diwilayah yang berpotensi banjir susulan.

Yurif mengungkapkan, tahun ini telah mengajukan usulan anggaran penanggulangan bencana. Proposal itu, jelas dia sementara berproses dalam tahapan peninjauan sesui profosal yang perna diajukan ke BNPB pada bulan April lalu.

“Mereka sudah turun melihat kondisi itu, dari hasil proposal saya ajukan. Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa dikucurkan anggarannya di tiga lokasi, Karede, Laea jauh dan Pebaowa,” harap diam

Ia pun menguraikan, jika tidak secepatnya dinormalisasi sungai-sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir, maka akan terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Olehnya itu BPBD selalu siap dan siaga.

Baca Juga :  Lurah dan Kades Wakatobi Dibina Soal Keimigrasian

” Insya Allah tahun ini ada anggaran tambahan dari pusat dalam rangka pemberdayaan masyarakat dalam mengantisipasi penanggulangan bencana untuk dua orang laki-laki dan dua orang perempuan dilatih di BNPB pusat,” beber dia. (adm)

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments