Begini Suasana Kebatinan La Bakry Jelang Pelantikan

KENDARI, Rubriksultra.com – Hari ini ((14/5), La Bakry akan dilantik menggantikan posisi Umar Samiun sebagai Bupati Buton sisa masa jabatan 2017-2022. Berbeda dengan pelantikan kepala daerah pada umumnya, tidak ada gegap gempita atau raut suka cita terlihat di wajah La Bakry jelang pengambilan sumpah jabatan.

Dijumpai jurnalis pasca gladi di Aula Bahteramas, Minggu 13 Mei, La Bakry lebih banyak terlihat diam. Ia enggan berkomentar banyak terkait agenda pelantikan dirinya.

- Advertisement -

Kedekatan emosional La Bakry dengan rekan duetnya, Umar Samiun memang sudah menjadi rahasia umum. Pasangan ini dikenal harmonis.

Bahkan saat Umar mendekam dibui di KPK, La Bakry tetap menunjukkan loyalitas tinggi. Saat menjabat Plt Bupati Buton, ia tetap rutin mengonsultasikan seluruh kebijakan pembangunan di Buton pada Umar yang berstatus tahanan KPK. Tak sekalipun ia bermanuver.

“Seandainya bisa Plt saja, begitu saja seterusnya,” ungkap La Bakry.

Baginya Umar tetaplah sosok panutan dan sahabat seperjuangan yang patut ia hormati. Inilah mengapa, La Bakry begitu berat ketika didaulat menggantikan posisi Umar Samiun. Disatukan sisi, ia wajib menjalankan amanah Undang-Undang. Disisi lain, La Bakry masih didera duka lantaran sosok sahabatnya itu tengah tertimpa musibah.

“Hanya Tuhan yang tahu suasana kebatinan saya sekarang. Bagaimana saya dan Pak Umar. Saya pastikan Program Umar Bakry akan menjadi prioritas yang akan saya lanjutkan setelah ini. Tidak ada yang berubah,” ujar La Bakry.

Sore kemarin, La Bakry menjalani proses Gladi di Aula Bahteramas minus kehadiran PJ Gubernur Sultra, Teguh Setya Budi. Sementara pejabat Buton yang hadir saat gladi diantaranya Sekda Buton, Ir La Ode Zilfar Djafar.

Sesuai jadwal, sekitar pukul 15.00 Wita, PJ Gubernur Sultra akan memimpin proses pengambilan sumpah jabatan Bupati Buton Defenitif. Total undangan disebar untuk pelantikan Bupati Buton mencapai 400 lembar.

Baca Juga :  Intensitas Banjir di Bungi Kota Baubau Meningkat, Diduga Akibat PT BIS

Asisten 1 Pemprov Sultra, Sarifudin Safaa mengatakan seyogyanya pelantikan digelar Jumat lalu. Namun, urung terlaksana lantaran La Bakry tengah menjalani ibadah Umroh. Kata Sarifudin, SK Pelantikan Bupati Buton telah ditandatangani Mendagri Tjahjo Kumolo sejak Rabu 9 Mei 2018.(adm)

Facebook Comments