Survei Indo Barometer Tempatkan AMAN Elektabilitas Tertinggi di Konawe

KENDARI, Rubriksultra.com – Indo Barometer baru saja mengeluarkan hasil surveinya untuk Pilkada Konawe. Selain Pilkada Konawe, lembaga survei pimpinan M. Qodari itu turut menghitung elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Sultra.

Jika pilgub dilaksanakan pada hari ini (pertanyaan tertutup), Ali Mazi–Lukman Abunawas memiliki elektabilitas 52,6 persen. Peringkat kedua ditempati Asrun–Hugua sebanyak 31.4 persen dan peringkat ketiga Rusda Mahmud-Sjafei Kahar sebanyak 10.0 persen.

- Advertisement -

“Pemilih yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebesar 6.0%,” ungkap peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli melalui rilis persnya, Senin 14 Mei 2018.

Survei Indo Barometer dilaksanakan di wilayah Kabupaten Konawe yang meliputi 28 Kecamatan. Dilaksanakan  pada 9–16 Maret 2018 dengan jumlah responden 420 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah multistage random sampling. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri.

“Margin error sebesar ± 4.78%, pada tingkat kepercayaan 95%,” bebernya.

Hadi mengaku, maksud dan tujuan survei ini untuk melihat permasalahan di Konawe, peta politik termasuk peluang calon Bupati 2018. Namun, dalam data mereka turut menghitung elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Sultra. (adm)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Mama Bulatkan Tekad Maju di DPR RI