Rp 6 Miliar untuk Bedah Rumah Warga

????????????????????????????????????

BAUBAU, Rubriksultra.com – Masih banyak pemukiman warga yang jauh dari kondisi layak. Hal itu tersebar disejumlah kawasan baik dalam maupun daerah pinggiran Kota Baubau.

Kondisi ini menggugah pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, Hj Roslina Rahim-La Ode Yasin. Duet dengan akronim Rossy ini berkomitmen menjadikan bedah rumah sebagai program unggulan lima tahun kedepan

- Advertisement -

“Insya Allah jika rakyat memberi kami amanah menjadi wali kota dan wakil wali kota maka program bedah rumah ini menjadi program unggulan lima tahun kedepan. Hitungan kami, bisa dianggarkan Rp 4 hingga Rp 6 miliar pertahun,” ungkap La Ode Yasin

Yasin menjelaskan selama ini pemerintah belum pernah mengalokasikan anggaran untuk menekan masalah kekumuhan melalui program bedah rumah. Program bedah rumah yang masuk di Kota Baubau datang dari pemerintah propinsi dan pusat.

Menurut Yasin, pemerintah seharusnya berani menganggarkan program bedah rumah. Pasalnya, dana bedah rumah yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 15 juta belum cukup untuk menyelesaikan satu unit rumah layak huni di Kota Baubau. Bahkan dibeberapa kawasan hanya menyisakan masalah baru.

Dengan mengalokasikan program bedah rumah melalui APBD, otomatis menambah jumlah dana yang digunakan untuk membantu masyarakat. Hal itu sekaligus menjadi stimulus untuk mendatangkan anggaran yang lebih besar  dari pemerintah pusat.

“Saya tidak mendikte program pemerintah pusat, tetapi ada baiknya kita mencoba menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Tidak salah kalau kita sharing dana. Insya Allah ini menjadi program unggulan sampai lima tahun kedepan jika kami terpilih,” tegas Yasin. (uky)

Facebook Comments
Baca Juga :  RossY Peduli Pembangunan Rumah Ibadah