Raja Negeri Waraka Masohi Sambangi Baubau

Penyerahan cendera mata dari Pemkot Baubau kepada Raja Negeri Waraka Masohi, La Ilosa, SH saat berkunjung di Kota Baubau. (FOTO IST)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Raja Negeri Waraka Masohi, La Ilosa, SH menapakan kakinya di Kota Baubau, Sabtu (26/5/2018).

Raja datang bersama warga Masohi keturunan Buton yang merantau di Maluku Tengah, mendapat sambutan hangat dari Sekot Baubau mewakili Pemkot Baubau dan pemangku adat Sultan Buton ke-40, dr LM Izaat Manarfa, M.Kes.

- Advertisement -

Yang Mulia Raja yang Bertahta (RYB), La Ilosa, SH terharu dengan kunjungannya ke negeri leluhurnya itu. Kata dia, hubungan Kesultanan Buton dengan Kesultanan di Pulau Seram sudah lama terjalin, demikian pula kami dan para pendahulu kami yang sudah berbad-abad di Masohi.

“Kunjungan ini akan membawa rasa haru dan bangga, sebab bagaimanapun daerah ini adalah leluhur kami juga,” tandasnya melalui release yang disampaikan Kadis Kominfo Kota Baubau, Idrus Taufiq Saidi.

Ia menjelaskan warga Buton di Masohi dan Pulau Seram pada umumnya berjumlah sedikitnya 10 ribu orang, yang hidup rukun damai dengan penduduk setempat. Bahkan telah banyak berpartisipasi di pemerintahan maupun politik ditorehkan.

“Kunjungan ini juga merupakan peristiwa bersejarah sebagai pulang kampung yang mengharukan,” urainya sembari mengisahkan hubungan Buton dan Masohi yang telah berlangsung berabad-abad silam.

Wali Kota Baubau diwakili Sekot Baubau, Roni Muhtar dalam menyampaikan apresiasi yang besar atas kunjungan tersebut, sekaligus meminta maaf jika sambutan Pemkot Baubau tidak semeriah sambutan masyarakat Buton di Masohi Maluku Tengah beberapa waktu lalu.

Ketidakhadiran wali kota Baubau karena sedang melaksanakan tugas kedinasan di Kota Kendari dan Jakarta. “Pesan Pemkot Baubau, agar masyarakat Buton di Masohi tetap menjaga kekompakan, kebesaran nama Buton serta tetap menjaga nilai-nilai religius di perantauan, agar nama baik Buton tetap terpelihara di mana pun berada,” tandas Sekda Roni Muhtar.

Baca Juga :  PAN Butur Target Delapan Kursi di DPRD

Pemangku Sultan Buton ke -40 YM. dr. LM. Izaat Manarfa, M.Kes mengingatkan agar warga Buton tetap berfilosofi ‘dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung’, agar tercipta keharmonisan dengan segenap penduduk yang ada di Masohi, termasuk tetap teguh memelihara adat budaya Buton di perantauan.

Acara diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan buka puasa bersama yang didahului dengan ceramah singkat dari Dr. Rusli Iru, M.Pd dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau. Acara buka puasa ini dihadiri segenap pejabat di Kota Baubau. (adm)

Facebook Comments