Jelang Pilkada, Disdukcapil Buka Sabtu-Minggu

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau memberi ruang bagi warga yang ingin melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dinas teknis yang melayani administrasi kependudukan ini, bahkan menambah pelayanan hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Disdukcapil Kota Baubau, H. Sahirun mengatakan sebulan sebelum pelaksanaan pilkada, intensitas masyarakat yang mengurus data diri semakin meningkat. Makanya untuk mengantisipasi membludaknya pemohon menjelang pilkada ini maka penambahan jam kerja diberlakukan.

- Advertisement -

“Sekarang ini kami di Disdukcapik buka dengan hari Sabtu dan Minggu. Ini merupakan anjuran dari Menteri Dalam Negeri, Dirjen Kependudukan dan Pj Wali Kota Baubau, H. Hado Hasina agar dinas kependudukan dapat melayani masyarakat diluar jam kerja biasa termasuk pelayanan lapangan,” tukas H. Sahirun diruang kerjanya, Senin (28/5/2018).

Penambahan jam kerja, kata dia, tidak hanya terkhusus untuk pengurusan e-KTP. Masyarakat yang ingin mengurus Kartu Keluarga (KK) atau akta juga dilayani bahkan hingga pelayanan ke lapangan.

Perekaman e-KTP ini sangat dianjurkan bagi mereka yang termasuk pemilih pemula atau masuk usia 17 tahun. Selain itu, mereka yang telah mengantongi surat keterangan (Suket) agar dapat melakukan perekaman sehingga e-KTPnya dapat diterbitkan.

Mengenai jumlah e-KTP yanh diterbitkan tiap harinya, aku H Sahirun, tidak menentu. Sebab penerbitan tergantung jaringan.

“Ada sampai 100 lebih tiap hari dan bahkan ada lebih dari 200 kepinh sehari. Namun itu tergantung jaringan, seperti kemarin Sabtu dan Minggu kita hanya bisa menerbitkan empat keping karena jaringan yang tidak mendukung,” jelasnya.

Terkait ketersediaan blangko, masih ada stok sekitar delapan ribu lebih. Persediaan ini diakui aman sampai menjelang pilkada.(uky/war)

Facebook Comments
Baca Juga :  Ini Tema Debat Tahap II Pilgub Sultra