RossY Komitmen Genjot Usaha Ekonomi Produktif

Usaha Ekonomi Industri (UEP) menjadi satu bidang ekonomi yang akan dikembangkan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, Hj Roslina Rahim-La Ode Yasin. (FOTO IST)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Usaha Ekonomi Industri (UEP) menjadi satu bidang ekonomi yang akan dikembangkan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, Hj Roslina Rahim-La Ode Yasin.

UEP merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh rumah tangga dan atau kelompok usaha ekonomi, kelompok tani (poktan), gabungan kelompok tani (gapoktan), koperasi maupun koperasi tani.

- Advertisement -

“Kita sudah siapkan beberapa langkah konkrit dalam pengembangan usaha ekonomi produktif ini. Salah satunya peningkatan kapasitas maupun aksesibilitas UKM hasil perikanan serta membangun home industri hasil laut,” urai La Ode Yasin.

Yasin menjelaskan kegiatan UEP memiliki peran penting dalam usaha meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, dapat menciptakan lapangan kerja dan ketahanan pangan masyarakat berbasis sumberdaya lokal.

Pengembangan UEP juga perlu didukung dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan pelatihan bagi masyarakat di wilayah pesisir khususnya dalam pengelolaan perikanan mulai dari raw material sampai menjadi barang setengah jadi. Terakhir, membantu akses permodalan melalui UKM center.

Pada sektor pertanian, pola yang paling tepat dilakukan adalah intensifikasi lahan pertanian. Menurutnya, Kota Baubau memiliki banyak komoditi unggulan pertanian, holtikultura dan perkebunan yang potensial untuk dikembangkan.

“Kendala yang dihadapi masyarakat kita saat ini adalah belum optimalnya ilmu pengetahuan baik berupa cara pengelolaan lahan ataupun pembibitan. Masyarakat kita cenderung hanya melakukan aktifitas sesuai kebiasaan secara turun temurun. Pola seperti ini perlu kita ubah. Insyaallah bila Rossy dipercaya maka ekstensifikasi maupun intensifikasi pertanian ini akan terus kita kembangkan untuk menopang perekonomian rakyat,” tukasnya. (uky)

Facebook Comments
Baca Juga :  Tujuh Jabatan Esolon II di Butur Segera Dilelang