150 Kuota CPNS Baubau Belum Final

BAUBAU, Rubriksultra.com- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Baubau mulai tersingkap. Hasil verifikasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra, Kota Baubau bisa menerima 150 pegawai baru.

Namun, verifikasi tersebut belum final. Pemkot Baubau masih harus menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang memiliki kewenangan menetapkan kouta seleksi CPNS.

- Advertisement -

“Jadi usulan ini menindaklanjuti presentase Kepala BKD Sultra di Menpan tapi karena datanya belum rampung maka provinsi diminta untuk melengkapi. Nah, BKD provinsi kemudian mengundang semua kepala BKD se-Sultra untuk menyampikan usulannya,” kata Kepala BKD Kota Baubau, H Asmaun ditemui di kantor wali kota Baubau, Jum’at (8/6/2018).

Dari hasil rapat itu, Kota Baubau mendapat kuota 150 CPNS berdasarkan verifikasi faktual BKD Provinsi Sultra. Pertimbangannya, belanja pegawai di Kota Baubau baru mencapai 44 persen dari total APBD.

“Dasarnya itu belanja pegawai sebenarnya. Khan belanja pegawai kita sekarang 44 persen dari APBD, kalau 50 persen tidak bisa dia dapat. Jadi kita berdasarkan aturan yang disampaikan masih memungkinkan untuk menerima CPNS. Makanya kita dikasih kuota 150 berdasarkan verifikasi faktual,” tukasnya.

150 kuota ini diperuntukan untuk sebagian besar tenaga pendidikan dan kesehatan. Sisanya instansi lain.

“Tapi itu bukan dari Menpan ya, ingat. Itu baru berupa hasil verifikasi dari provinsi jadi belum final. Itu merupakan hasil rapat dari Kepala BKD Sultra dengan Kepala BKD dari 17 kota/kabupaten se-Sultra. Intinya saat ini kita masih menunggu informasi pasti. Menurut informasi akhir Juni ini tapi bisa saja menyeberang hingga awal Juli,” tandasnya. (***)

 

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Isu Lingkungan Harus Fokus Diangkat di Debat Jilid II Pilgub Sultra