LKP Nurul Jadid Wakatobi Gelar Pendidikan Kecakapan Kerja

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yayasan Nurul Jadid Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan kecakapan kerja (PKK). Pembinaan diprioritaskan jenis materi keterampilan aplikasi perkantoran

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, La Salama SPd.MSi, Sabtu (9/6/2018).

- Advertisement -

“Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini telah terjadi kebebasan arus distribusi barang, jasa dan sumber daya manusia antar negara di Asean. Kondisi seperti ini merupakan tantangan berat namun sekaligus terbukanya kran berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga kerja yang memiliki daya saing,” ungkap La Salama.

Menurutnya, angka pengangguran masih merupakan masalah pokok bangsa Indonesia. Pengangguran terjadi dimasyarakat karena tidak memiliki keterampilan (unskill) sehingga tidak memiliki daya saing untuk meraih peluang kerja.

“Syukur alhamdulillah di Kabupaten Wakatobi sudah ada LKP Yayasan Nurul Jadid Wakatobi dan telah terakreditasi B dari Ban Paud dan PNF yang dapat menjawab sebagian permasalahan pengangguran, dengan meyelenggarakan Program PKK,” kata La Salama.

Jenis keterampilan aplikasi perkantoran yang tersedia, diharapkan dapat diikuti dengan serius sehingga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sebagaimana yang diatur dalam juknis.

Ketua LKP Yayasan Nurul Jadid Wakatobi, La Umuri, mengatakan kegiatan tersebut diikuti 30 peserta. Materi yang disajikan diantaranya pembelajaran teori, praktek, serta dilanjutkan dengan pemagangan. “Durasi kegiatan akan berlangsung selama 200 jam,” paparnya.

Terselenggaranya kegiatan atas kerja sama LKP Nurul Jadid Wakatobi dengan Direktorat pembinaan kursus dan pelatihan, Direktorat jenderal pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Atas nama LKP Yayasan Nurul Jadid Wakatobi dan seluruh peserta PKK menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pendisikan dan Kebudayaan RI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakatobi yang memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan PKK Tahun 2018,” ungkapnya.

Baca Juga :  Safari Ramadan di Pulau Kapota, Arhawi Himbau Warga Aktifkan TPA

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala Seksi Sarana dan Kelembagaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi Darmayanti, SE, Pengelola LKP Yayasan Nurul Jadid Wakatobi Wa Suriadi, S.Pd.I.,MM, dan beberapa Instruktur kegiatan. (***)

Peliput : Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments