Indo Barometer : Tampil Manis Sulit Dikejar

BAUBAU, Rubriksultra.com- Peneliti lembaga survey dari Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli menilai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut dua, Dr AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse berpeluang besar menang dalam Pilkada serentak 27 Juni mendatang. Persentase survei 54,0 persen sulit dikejar empat pasang calon lainnya.

Menurt Hadi, tingkat kepuasan atas kinerja Dr AS Tamrin yang notabene sebagai incumbent diatas 70 persen serta yang menginginkan kembali diatas 50 persen. Kedua faktor ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi incumbent.

- Advertisement -

“Kalau tingkat kepuasan publik terhadap incumbent diatas 70 persen dan menginginkan kembali diatas 50 persen maka incumbent akan berpeluang besar menang. Nah, dua faktor itu dimiliki incumbent AS Tamrin,” kata Hadi Suprapto Rusli usai merilis hasil survey Indo Barometer di hotel Galaxy Inn, Minggu (17/6/2018).

Hadi mengurai tingkat kepuasan terhadap kinerja AS Tamrin sebagai Wali Kota Baubau periode 2013-2018 lalu sebesar 74,5 persen. Sedang distribusi kepuasan terhadap pasangan calon masing-masing Roslina Rahim-La Ode Yasin sebesar 12,0 persen, Dr AS Tamrin-La Ide Ahmad Monianse 67,8 persen, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail 3,7 persen, H.Yusran Fahim-Ahmad 6,6 persen dan IBM-Ilyas 3,3 persen.

Dari hasil survey ini juga, aku Hadi, mayoritas masyarakat Kota Baubau masih menginginkan Dr AS Tamrin menjadi Wali Kota Baubau dengan persentase sebesar 63,1 persen. Sementara yang tidak menginginkan kembali sebesar 32,9 persen dan yang tidak menyatakan sikap sebesar 4,0 persen.

“Dari hasil ini, incumbent sangat diuntungkan sekali karena tingkat kepuasan publik atas kinerjanya mencapai 74,5 persen dan yang tidak puas hanya 25 persen. Artinya. Hanya 25 persen yang akan terbagi lagi di empat pasangan calon lain,”katanya.

Baca Juga :  Tujuh Jabatan Esolon II di Butur Segera Dilelang

Dikatakan bila tingkat kepuasan terhadap incumbent diatas 70 persen, harusnya pilkada Kota Baubau hanya ada dua pasang atau head to head. Bila demikian pertarungan dipastikan akan sengit.

“Kalau kita lihat pilkada Kota Baubau ada lima pasang. Dengan tingkat kepuasan diatas 70 persen dan menginginkan kembali diatas 60 persen maka ini sangat menguntungkan sekali bagi incumbent. Tentu saja pasangan ini akan sulit untuk dikejar oleh pasangan calon lain,” imbuhnya. (***)

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments