Lima Permasalahan Mendesak di Baubau yang Jadi PR Wali Kota Terpilih

BAUBAU, Rubriksultra.com- Lembaga survei Indo Barometer memetakan lima permasalahan penting dan mendesak yang diinginkan masyarakat Kota Baubau. Lima permasalahan ini menjadi pekerjaan rumah untuk wali kota dan wakil wali kota yang akan terpilih pada 27 Juni 2018 mendatang.

Lima permasalahan penting itu terbagi dalam dua komponen. Pertama permasalahan tingkat kota dan kedua permasalahan di lingkungan tempat tinggal.

- Advertisement -

“Permasalahan terpenting menurut publik di tingkat kota yang paling banyak diungkap adalah sulitnya lapangan pekerjaan dengan persentase 22,8 persen, gangguan keamanan dan ketertiban 11,6 persen, sulitnya kondisi ekonomi rakyat 11,4 persen, kondisi jalan masih kurang baik 6,9 persen dan kurangnya pembangunan infrastruktur 4,7 persen,” ungkap
Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli

Selain lima masalah tersebut terdapat pula permasalahan lain dengan persentase kurang dari 4 persen. Diantaranya sulit mendapat air bersih maupun tindak kriminalitas yang meningkat.

Untuk permasalahan penting dilingkungan tempat tinggal, gangguan keamanan dan ketertiban menjadi yang perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini menjadi permasalahan yang paling banyak diungkap masyarakat secara spontan dengan persentase sebesar 12,1 persen.

Kondisi kondisi jalan atau jembatan yang masih kurang baik dengan persentase yang sama 12,1 persen. Saluran air yang buruk atau rusak sebesar 11,1 persen, sulitnya mendapatkan air bersih sebesar 10,9 persen dan terakhir sulitnya lapangan pekerjaan dengan persentase 6,4 persen.

Sisanya permasalahan lain seperti kondisi lingkungan yang kurang bersih, sulitnya ekonomi rakyat dan lain sebagainya dengan persentase kurang dari 5 persen.

“Nah, permasalahan ini kami dapatkan dalam bentuk pertanyaan terbuka. Artinya, masyarakat secara spontan mengungkap permasalahan-permasalahan yang paling penting untuk dituntaskan kepala daerah terpilih pada pilkada Baubau 2018 mendatang,” imbuhnya. (***)

Baca Juga :  LKP Nurul Jalid Dukung Program Wakatobi Bersinar

 

 

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments