Survei Indo Barometer, AMAN Menang Telak Di Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pasangan Calon Gubernur Sultra nomor urut satu, Ali Mazi-Lukman Abunawas menang telak di Kota Baubau versi survei lembaga Indo Baramoter yang dirilis di salah satu hotel di Kota Baubau, Minggu (17/6/2018). Pasangan dengan jargon AMAN ini unggul signifikan dengan persentase survey sebesar 84,4 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra nomor urut tiga, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar dengan persentase hasil survey sebesar 10,6 persen. Sementara, paslon nomor urut dua, Asrun-Hugua berada diposisi terakhir dengan raihan 3,0 persen dan yang belum memutuskan pilihan sebesar 2,0 persen.

- Advertisement -

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan hasil survei tersebut tidak mencangkup Sultra secara keseluruhan. Hasil survey ini hanya terfokus di Kota Baubau saja.

“Hasil ini bukan untuk Sultra secara keseluruhan ya tapi khusus Kota Baubau saja. Artinya, misal pilkada Sultra dilakukan hari ini maka pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas akan unggul di Kota Baubau berdasarkan hasil survey ini,” kata Hadi Suprapto Rusli saat merilis hasil survey.

Menurut Hadi Suprapto Rusli, di Kota Baubau nama calon gubernur yang paling dikenal adalah Ali Mazi dengan persentase mencapai 100 persen, kemudian Asrun 78,7 persen dan terakhir Rusda Mahmud 76,5 persen. Sementara wakil gubernur LM.Sjafei Kahar menempati posisi teratas dengan persentase 91,6 persen menyusul Lukman Abunawas 88,4 persen dan terakhir Hugua 84,9 persen.

Berdasarkan tingkat kesukaan, Ali Mazi paling banyak disukai menjadi Gubernur Sultra dengan persentase sebesar 95,0 persen, menyusul Rusda Mahmud 55,7 persen dan terakhir Asrun 27,0 persen. Sementara untuk wakil gubernur yang paling disukai yakni L.M Sjafei Kahar dengan persentase 84,9 persen dibayangi Lukman Abunawas 82,4 persen dan terakhir Hugua 74,1 persen.

Baca Juga :  Baliho Dirusak, Tim Pemenangan Asrun Hugua Lapor Polisi

“Tentu ini menjadi catatan bagi pasangan calon lain untuk membuat strategi baru. Sebab, persentase Ali Mazi-Lukman Abunawas sebesar 84,4 persen akan sulit bagi paslon lain untuk mengejar,” tandasnya.

Kata dia, Indo Barometer melakukan survei pada tanggal 1-7 Juni 2018 lalu. Selain Pilgub Sultra, survei juga dilakukan untuk Pilkada Kota Baubau dan Pilpres 2019. Sampel survey ditarik sebanyak 404 responden yang tersebar di delapan kecamatan di Kota Baubau.

“Metode yang kami gunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 4,87 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.Teknik pengumpulan data yang kami gunakan yakni wawancara tatap muka dengan kuisioner,” jelas Hadi. (***)

 

 

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

 

Facebook Comments