Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran di Wakatobi Bertambah Dibanding DPT Pilgub

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam penyelenggaraan pemilu 2019.

Pleno terbuka dihadiri Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Wakatobi beserta perwakilan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu, Minggu (17/6/2018).

- Advertisement -

Dalam rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran terjadi penambahan dibanding dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilgub 2018. Rinciannya laki-laki 39.112 dan perempuan 39.722. Sedangkan untuk Pilgub 2018 laki-laki 38.218 dan perempuan 38.653.

“Setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun saat memasuki tanggal 17 April 2019, maka akan masuk dalam pemutakhiran dimaksud. Jadi hitungan itu kedepan karena Pemilu masih hampir satu tahun kedepan,” ungkap Komisioner KPU Wakatobi, Asinuru SE MSi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Wakatobi, La Ode Arifin menilai data tersebut sangat relevan dengan fakta lapangan saat penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Dimana selalu terjadi penambahan pemilih khususnya pemilih pemula.

“Memang data ini relevan dengan fakta lapangan. Salah satu contoh, pemilih pemula dari kalangan pelajar SMA setiap tahun ada 1000 lebih,” bebernya. (***)

 

 

 


Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Gempa di Kendari, Warga Berlarian Keluar Rumah