Besok, Bupati Wakatobi Buka Festival Pulau Tukang Besi

WAKATOBI, Rubriksultra.com –  Festival Pulau Tukang Besi di pulau Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dibuka secara resmi Bupati Wakatobi, H Arhawi SE, Kamis besok (21/6/2018).

Event budaya tahunan yang telah menjadi kalender pariwisata itu, akan menyuguhkan sejumlah atraksi seni dan budaya masyarakat Pulau Binongko.

- Advertisement -

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Nadar SIP.MSi, mengatakan Festival Pulau Tukang Besi tahun 2018 ini mengusung tema mengoptimalkan nilai-nilai religius dalam pengembangan pariwisata Wakatobi.

“Tema diangkat ini memiliki landasan berpikir bahwa Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu dari sepuluh destinasi unggulan pariwisata Indonesia (Top Ten),” kata Nadar, di Wangi-Wangi Rabu (20/6/2018).

Sebagai daerah pariwisata lanjut Nadar, Wakatobi memiliki sejumlah budaya yang harus dilestarikan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga melahirkan kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam dan budaya.

“Event ini juga menjadikan pulau Binongko salah satu tujuan wisata berbasis religius. Dan media promosi pariwisata Wakatobi. Serta ajang silaturahmi masyarakat Wakatobi khususnya masyarakat Pulau Binongko,” ungkapnya.

Selain atraksi seni dan budaya, dalam festival nanti akan diisi dialog antara pemerintah Kabupaten Wakatobi dengan masyarakat Pulau Binongko.

“Selama pelaksanaan event nanti, akan ada dialog masyarakat Pulau Binongko perantauan dengan Bupati dan Ketua DPRD. Silaturahmi Masyarakat pulau Binongko perantauan dengan masyarakat lokal. Dilanjutkan dengan pelaksanaan Halal bi Halal serta yasinan dan zikir akbar,” ujar Nadar.

Atraksi budaya yang akan disuguhkan berupa Hekamanu-manu, Hekaoda-oda, Hebangka-bangka, Hefou. Kemudian disajikan juga proses pembuatan parang dan sarungnya sekaligus bazar, peletakan batu pertama monumen 1000 parang serta sejumlah atraksi seni budaya lainnya. (***)

 

 

 

Peliput : Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Panwaslu Buton Tangani Tujuh Dugaan Pelanggaran Pemilu