Banjir Juga Rendam 60 Unit Rumah Warga Desa Wantulasi Butur

BURANGA, Rubriksultra.com – Sebanyak 60 unit rumah warga di Desa Wantulasi Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir akibat hujan yang mengguyur daerah itu, pada Jum’at, 22 Juni hingga Sabtu, 23 Juni 2018.

Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga ikut merusak jembatan. Akibatnya, akses jalan desa menuju Ereke terputus akibat terendam banjir, serta jalanan ikut longsor.

- Advertisement -

Bukan hanya itu, puluhan sumur milik warga keruh akibat terendam banjir. Bahkan, salah seorang warga sempat terseret banjir, meskipun berhasil diselamatkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur Yurif Halir kepada Inilahsultra.com, Sabtu, 22 Juni 2018 mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Wantulasi akibat hujan yang mengguyur daerah itu beberapa hari terakhir. Pada hari Jumat kemarin, 22 Juni 2018 intensitas hujan sangat tinggi. Pada pukul 15.00 Wita air yang berasal dari bagian hulu yang berada tepat di belakang dan melalui Desa Wantulasi meluap dan menyebabkan terjadinya banjir.

“Saat ini kami telah melakukan assessment pada lokasi kejadian dan berupaya memberikan bantuan kepada korban yang terdampak,” katanya.

Terkait kebutuhan air bersih, pihaknya telah menyiapkan 1 unit mobil tanki air untuk mensuplai kebutuhan air bersih bagi warga yang sumurnya terendam banjir.

Yurif mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan camat dan Kapolsek Wakorut untuk terus melakukan pemantauan serta melakukan pengungsian sebagian warga ke tempat yang aman.

“Jalanan yang terputus juga akan segera ditangani. Dinas PU besok pagi akan menurunkan alat berat untuk membenahi jalan yang terputus,” imbuhnya. (adm)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Wakil Gubernur Sultra Belum Mau Berpartai