FKM Baubau Menduga Modus Money Politik Makin Canggih

BAUBAU, Rubriksultra.com- Forum Koalisi Masyarakat Sipil Anti Politik Uang (FKM SAPU) Kota Baubau mensinyalir praktek politik uang akan mewarnai pesta pilkada Kota Baubau 2018 ini. Modus yang dilancarkan bahkan semakin canggih.

Koordinator FKM SAPU Kota Baubau, Sarifuddin Andi Latif mengaku telah mendeteksi dan menduga praktek politik uang dengan berbagai modus yang semakin canggih. Makanya pengawasan perlu ditingkatkan.

- Advertisement -

“Banyak modus yang kami duga akan dilakukan seperti bagi-bagi sembako dengan mengatasnamakan partai meski patut diduga bahwa uang yang digunakan bersumber dari kandidat. Adanya pengumpulan rekening warga yang dilakukan secara masif oleh kandidat yang selanjutnya pemberian uang disalurkan lewat transfer rekening untuk menghindari tangkap tangan dan masih banyak modus canggih lainnya,” katanya.

Sarifuddin sengaja membentuk FKM Sapu Kota Baubau karena menyadari dampak yang diciptakan dari praktek money politik terhadap sendi-sendi demokrasi. Forum tersebut, kata dia, akan membantu melakukan pengawasan 24 jam sehari selama pelaksanaan pilkada berlangsung.

“Tentu kami akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk pengawasan ini agar dapat menindaklanjuti semua laporan jika ditemukan politik uang dilapangan sehingga dapat diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku. Kami juga akan mendesak pihak kepolisian untuk mengefektifkan pengawasan untuk mencegah praktek menyimpang ini,” bebernya.

Penyelenggara pilkada di provinsi maupun di pusat didesak untuk turut serta melakukan pengawasan dan pemantauan. Hal itu dapat memberikan dorongan kepada penyelenggara dan aparat yang ada di daerah agar melaksanakan tugas dan wewenang dengan sungguh-sungguh.

“Khusus kepada PPATK dan KPK, kami juga mendesak agar turut serta karena modus yang digunakan kandidat semakin canggih. Bagi masyarakat juga kami menghimbau agar dapat melaporkan setiap upaya politik uang. Kami bahkan telah membuka sayembara bagi masyarakat yang melaporkan praktik ini, jika terbukti maka kami akan beri hadiah Rp 5 juta,” tukasnya.

Baca Juga :  KASN Minta Walikota Kendari Sanksi Kasat Pol-PP

Sarifuddin sangat berharap pilkada Kota Baubau dapat terselenggara tanpa ada penyimpangan apapun. Dengan begitu, kepala daerah yang terpilih benar-benar merupakan pemimpin yang tulus bekerja untuk rakyat. (adm)

 

 

 

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

 

Facebook Comments