KPU Wakatobi : Pemilu 2019 Berbeda dengan Sebelumnya

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Seluruh pimpinan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu tahun 2019 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Bimtek dan sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Selasa (3/7/2018). Bimtek berupa mekanisme dan persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota pada pemilu tahun 2019.

Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab, SPd.MPd, menilai kegiatan tersebut penting sehingga ketika parpol melakukan pendaftaran tidak ditemukan kendala. “Proses pendaftaran calon berbeda dengan pemilu sebelumnya,” ungkapnya.

- Advertisement -

Dikatakan pada pemilu sebelumnya calon melalui parpol secara kolektif melakukan pendaftaran di KPU. Namun pemilu 2019 pendaftaran secara online, hubungannya dengan KPU hanya menyerahkan berkas pencalonan di KPU untuk dilakukan pencocokan data dengan berkas pendaftaran online.

Proses pendaftaran online calon anggota akan dimulai 4 hingga 17 Juli 2018, tepatnya pukul 24.00 Wita. Dalam sosialisasi itu, selain pimpinan parpol peserta pemilu tahun 2019 hadir juga seluruh operator setiap parpol.

Sosialisasi dan Bimtek tersebut mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018. Diharapkan dengan sosialisasi tersebut saat melakukan proses pendaftaran tidak ditemukan kendala. “Jadi intinya itu koordinasi dengan KPU jika menemukan kendala,” harapnya. (adm)

 

 

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  KONI dan Pemkot Baubau Siapkan Penyambutan Husni Uba