1.730 Sambungan Air Gratis di Baubau Siap Eksen

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau kembali mendapat program sambungan air gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun 2018. Nilainya mencapai Rp 4,5 miliar untuk 1.730 sambungan rumah (SR).

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau, La Ode Ali Hasan menjelaskan titik pemasangan program ini berdasarkan survei lapangan. Terdapat 1.730 titik yang memungkinkan pemasangan dan telah dirampungkan.

- Advertisement -

“Tinggal menunggu kepastian beberapa vendor yang menyuplai bahan baku. Kemungkinan besar kegiatan ini mulai dikerjakan pertengahan Juli setelah bahan tiba,” ungkapnya.

La Ode Ali Hasan menjamin program ini akan rampung akhir Agustus. Sebab, batas waktu pemasangan yang ditetapkan Kementerian PUPR adalah akhir Agustus 2018 mendatang.

“Kami akan upayakan program ini akan terpasang dalam waktu satu bulan. Sebenarnya ada batasan waktu karena pemasangan ini dari dana hibah. Batas waktunya sendiri hingga akhir Agustus sesuai kesepakatan dengan kementerian PUPR. Mudah-mudahan bahannya ini segera tiba dan segera kita laksanakan,” aku La Ode Ali Hasan.

Kuota 1.730 SR ini tersebar merata di 23 kelurahan. Pemasangan memperhatikan potensi debit air yang besar seperti Sorawolio, Kalia-lia, Kolese, Lowu-lowu, Liwuto, Sukanaeo dan beberapa wilayah yang memiliki debit air besar.

La Ode Ali Hasan mengaku sudah bentuk tim khusus yang menangani program ini. Jumlah tim mencapai 60 orang yang dibagi perzona.

“Kami menargetkan 40 sampai 60 sambungan rumah perhari untuk pemasangan. Dengan jumlah itu kami prediksi bisa selesai sampai akhir Agustus,” katanya. (adm)

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Ketua KPUD Sultra Beberkan Alasan Daftar Ombudsman