Caleg Mendaftar di Hari Terakhir Akan Menyulitkan KPU

KENDARI, Rubriksultra.com – Hingga satu hari jelang penutupan pendaftaran, Selasa 17 Juli 2018, partai politik belum juga mendaftarkan calon legislatif (caleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh mengaku hingga hari ini, Senin 16 Juli 2018, belum ada satu pun partai yang mendaftarkan calegnya.

- Advertisement -

“Sampai saat ini belum ada caleg yang mendaftar,” ungkap Jumwal, Senin 16 Juli 2018.

KPU, kata dia, merupakan penyelenggara teknis pilcaleg. Namun, secara manusiawi, pendaftaran caleg di hari terakhir akan menyulitkan KPU dalam melakukan verifikasi berkas pencalonan parpol maupun caleg.

“Secara manusiawi memang agak kerepotan nanti. Dalam jangka waktu satu hari kita harus melayanai 16 parpol,” ujarnya.

Ia menyebut, untuk memudahkan kerja KPU, pihaknya mengakali dengan lebih dulu memverifikasi syarat pencalonan.

“Kami akan verifikasi terlebih dulu lima poin pencalonan yang diajukan parpol. Verifikasi balon legislatif kita belakangkan,” ujarnya.

Syarat pencalonan dari parpol yang dimaksud adalah formulir model b yakni, pendaftaran yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris partai.

Lalu formulir B1, terkait pakta integritas dari ketua dan sekretaris partai. Formulir B2 terkait susunan anggota DPRD. Lalu, formulir B3 terkait keterpenuhan caleg perempuan sebanyak 30 persen. Serta formulir B4 terkait SK Kemenkumham.

“Yang penting dulu syarat pencalonan terenuhi. Kalau memenuhi syarat, maka langsung kita berikan surat tanda terima. Kalau sudah selesai verifikasi lima poin syarat pencalonan itu, maka akan dilanjutkan dengan verifikasi caleg dan syaratnya. Bila masi kurang maka harus diperbaiki hari itu juga. Tidak bisa lewat sampai batas waktu besok,” jelasnya.

Ia memprediksi kerja KPU akan berat nantinya hingga tengah malam. Untuk itu, ia berharap LO dari masing-masing parpol menyesuaikan kerja di KPU Sultra.

Baca Juga :  40 Persen Bacaleg NasDem Baubau Perwakilan Perempuan

“Harus ikut ritme kerja kita. LO harus stand by di sini terus. Karena kita akan cek bersama syarat pencalonannya,” tuturnya.(adm)

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments