8.524 Unit Aset Pemkot Baubau Bernilai Satu Rupiah

BAUBAU, Rubriksultra.com- Nilai total aset atau kekayaan Pemerintah Kota Baubau pertanggal 31 Desember 2017 tercatat diangka Rp 1,85 triliun. Namun, dibalik fantastisnya angka itu terselip 8.524 unit aset yang nilainya bahkan hanya mencapai satu rupiah saja.

Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Dr Roni Muhtar mengungkapkan masih adanya aset tetap yang bernilai satu rupiah tertuang dalam hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang tertuang dalam laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) buku II, halaman 22 sampai 23. Dalam laporan itu ditemukan aset milik pemerintah Kota Baubau sampai dengan 31 Desember 2017 yang bernilai satu rupiah ataupun nol rupiah sebanyak 8.524 unit.

- Advertisement -

Dari 8.524 unit ini, 1.776 unit berasal dari penyerahan Kabupaten Buton. Sisanya 6.658 unit merupakan hasil pengadaan pemerintah Kota Baubau.

Dari jumlah tersebut juga, sebanyak 6.611 unit berupa aset peralatan dan mesin. Lalu aset tetap lainnya sebanyak 1.331, aset jalan, irigasi dsn jaringan sebanyak 75 unit, aset gedung dan bangunan 51 unit dan aset tanah 6 unit.

Jenderal ASN Kota Baubau ini mengaku masih terdapatnya aset yang bernilai satu ataupun nol rupiah dalam Kartu Inventaris Barang (KIB) menunjukkan kualitas penatausahaan aset OPD khususnya dan pemerintah Kota Baubau umumnya masih harus terus diperbaiki. Perbaikan bisa melalui rekonsiliasi data aset mapun inventarisasi secara berkala.

“Hal ini dipandang penting karena tidak menutup kemungkinan aset-aset yang bernilai satu rupiah ataupun nol rupiah tersebut sudah rusak berat, hilang atau tidak ditemukan lagi,” pungkasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

 

 

Facebook Comments
Baca Juga :  Mayoritas Petahana Kembali Terpilih