CPNS 2018 Belum Dibuka, Pencaker di Baubau Naik Tiga Kali Lipat

BAUBAU, Rubriksultra.com – Antusias masyarakat Kota Baubau menyambut penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 begitu besar. Meski belum ada kepastian, namun ratusan pencari kerja (Pencaker) telah berburu kartu kuning yang menjadi salah satu syarat kelengkapan pendaftaran.

Khusus Juli saja, pencaker yang terdaftar bahkan mencapai 141 orang. Jumlah ini membludak tiga kali lipat jika dibanding daftar pencaker dari Januari hingga Juni yang hanya mencapai 64 orang.

- Advertisement -

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau, Zarta mengatakan membludaknya pencaker pada Juli lalu berkaitan dengan informasi penerimaan CPNS 2018 secara online. Meski belum resmi dibuka, para peminat sudah berjaga-jaga.

“Biasanya khan kartu kuning ini dibutuhkan sebagai salah satu kelengkapan dokumen pendaftaran. Itu menjadi kewajiban. Jadi saya kira para pemohon kartu kuning ini hanya bersiap, jangan sampai setelah dibuka kartu kuning memang dibutuhkan,” katanya.

Mantan Sekretaris Disdukcapil Kota Baubau ini mengurai periode tanggal 1 hingga 6 Agsustus ada penambahan pencaker sebanyak 22 orang. Dengan tambahan itu maka total pencaker dari Januari hingga 6 Agustus sudah mencapai 237 orang.

Posisi ini aku Zarta, masih akan terus meningkat. Sebab, informasi CPNS 2018 masih ditunggu para peminat.

Zarta menambahkan untuk mendapatkan kartu kuning ini tidak dipungut biaya. Pemohon cukup melengkapi syarat administrasi yang diminta Dinas Tenaga Kerja seperti ijazah terakhir, KTP, dan pas foto.

Ia bahkan menjamin penerbitan kartu kuning didinas yang dipimpinnya tidak akan ribet. Sebab, Ia memantau langsung penerbitan syarat pencari kerja ini.

“Saya jamin tidak akan ribet. Begitu pemohon melengkapi syarat yang ditentukan maka kami akan segera memproses. Kalau ada pegawai yang memping-pong penerbitan kartu kuning maka laporkan langsung kepada saya,” jaminnya. (adm)

Baca Juga :  Kembangkan Peran Tol Laut di Baubau, Hado Hasina Lobi Dirjen

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments