Meski Dalam Kamar, “Kids Zaman Now” Mesti Dikontrol

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kids zaman now. Istilah ini seakan mewakili pergeseran perilaku anak saat ini. Agar tak semakin menjadi-jadi, anak mesti dikontrol walaupun berada didalam kamar tidurnya.

“Menjaga keluarga itu disamping memang diatur dalam Al Qur’an, kita juga wajib menjaga komunikasi dengan anak. Apalagi dizaman milenial sekarang ini, kalau kita tidak kontrol anak-anak walaupun dalam kamar dia bisa melakukan apa saja,” kata Pj Wali Kota Baubau, H. Hado Hasina usai membuka sosialisasi kebijakan Kota Layak Anak (KLA) sekaligus mengukuhkan forum anak dan seminar parenting di kantor Wali Kota Baubau, Senin (6/8/2018).

- Advertisement -

Orang nomor satu di Baubau ini meminta komunikasi antara orang tua dan anak terus dilakukan secara berkelanjutan dengan mengandalkan apa yang ada di keluarga maupun lingkungan. Sebisa mungkin dalam perkembangan anak, komunikasi jangan sampai terputus.

“Perkembangan anak itu tidak boleh lepas dari kontrol orang tua. Sebab, dari interaksi itulah karakter anak akan terbentuk,” tukasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau, Wa Ode Soraya mengatakan sosialisasi kebijakan KLA ini merupakan program pusat dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Diharapkan seluruh daerah di Indonesia sudah menjadi kota layak anak pada 2030 mendatang.

Wa Ode Soraya mengaku untuk memenuhi target itu, pemerintah Kota Baubau telah melakukan inisiasi sejak 2017 lalu. Saat ini, Baubau telah mengantongi skor lebih dari 400 poin untuk menyabet tahapan awal KLA.

“Progran ini khan bertahap. Ada pratama, madya dan seterusnya. Nah, untuk pratama skornya itu harus 500. Insyaallah tahun depan kita sudah bisa ke tahap pratama ini,” katanya.

Ia menambahkan mewujudkan KLA di Baubau maka membutuhkan ruang terbuka untuk pembelajaran orang tua dan anak sekaligus pembentukan komunitas orang tua dan forum anak. Dari komunitas dan forum itu, aspirasi bagaimana mendidik anak bisa diperbincangkan.

Baca Juga :  Sejumlah Balon Senator Sultra Terancam Gugur karena Pernah Terpidana Korupsi

KLA juga akan memicu munculnya kreatifitas dari anak. Anak akan berpikir kritis tentang apa yang harus Ia perbuat di Kota Layak Anak ini.

“Tadi sudah ada pengukuhan forum anak. Kita harapkan mereka sudah bisa berkomitmen untuk mendukung kota layak anak ini,” tandasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments