Dewan Usul Pembahasan APBD Perubahan Libatkan Tim Transisi Tampil Manis

BAUBAU, Rubriksultra.com – DPRD Kota Baubau baru saja mengawali pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P), Senin 27 Agustus 2018. Pembahasan diawali dengan penunjukkan juru bicara dan telaah Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Dalam rapat internal itu, salah satu Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Baubau, Feto Daud meminta agar pembahasan APBD-P 2018 ini turut diikuti tim transisi dari pemenang pilkada Baubau 2018, Tampil Manis.

- Advertisement -

Hal itu dianggap perlu agar program prioritas 100 hari kerja yang dicanangkan dipastikan telah terkaver dalam pembiayaan melalui APBD. “Ukuran kinerja itu khan biasanya dilihat dalam program 100 hari kerja. Nah, mungkin saja visi misi atau program prioritas kepala daerah belum masuk walaupun pemenang ini adalah incumbent,” katanya.

Legislator PKB ini menilai permintaan itu cukup rasional. Apalagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau definitif akan dilantik pada September ini.

“Harapan kita khan usai dilantik program prioritas sesuai visi misi mereka sudah bisa dilaksanakan dalam tiga bulan awal. Tentunya hal itu bisa jalan jika program prioritasnya masuk dalam APBD-perubahan dulu, setelah itu baru masuk pada batang tubuh APBD 2019,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Baubau, La Bara menghormati usulan itu. Namun demikian, Legislator PBB ini berpandangan tim anggaran pemerintah Kota Baubau merupakan kabinet peninggalan Tampil Manis sebagai incumbent yang paham akan program sebelumnya.

“Intinya itu usulan yang bagus. Tetap akan kita pertimbangkan, tapi khan sekarang kita baru awal menetapkan juru bicara dan masih menelaah. Ini tentu menjadi masukan bagi kita untuk meminta pandangan dari pemerintah apakah program prioritas Tampil Manis sebagai pemenang pilkada sudah masuk atau belum,” katanya.

Baca Juga :  Pemkot Baubau Teken MoU 1.000 KPR Bersubsidi Untuk ASN

La Bara menjelaskan dalam rapat internal tersebut, La Ode Ary Priady Annas dipercaya menjadi juru bicara Banggar DPRD Kota Baubau. Sedang telaah KUA PPAS diberikan kepada masing-masing anggota untuk membedah ditempat masing-masing selama sepekan. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

 

Facebook Comments