Bantuan Bibit Ayam di Butur Banyak yang Mati

BURANGA, Rubriksultra.com – Pengadaan ayam pada Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara (Butur) gagal. Sebagian besar bibit ayam yang diserahkan kepada kelompok tani mati.

Kepala Dinas Pertanian Butur, LM Yusuf mengatakan, tak bisa berbuat banyak dengan kondisi itu. “Kita mau bikin apa kalau mati,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Senin 27 Agustus 2018.

- Advertisement -

Yusuf mengaku, sudah menurunkan dokter hewan untuk melakukan vaksin. Namun upaya itu tidak berhasil. “Sudah tau informasi ayam mati ini. Tapi biar kita tahu kita mau bikin apa,” tambahnya.

Khusus di Desa Ulunambo, jumlah bibit ayam yang disalurkan sebanyak 1200 ekor. Namun saat ini tersisa 300 ekor.

Kata Yusuf, secara keseluruhan bantuan bibit ayam tahun ini sebanyak 3000 ekor. Namun dia tidak mengetahui apakah bantuan itu berupa ayam petelur atau ayam pedaging.

Jelasnya, lanjut Yusuf, seluruh bantuan sudah diserahkan kepada kelompok tani. Sehingga semua tanggung jawab melekat pada kelompok tani. Penyerahan dilakukan sekitar dua bulan lalu.

“3000 ekor pengadaan tahun ini. Pihak ketiga yang adakan. Kita terima dan kita serahkan ke kelompok peternak,” jelasnya. (adm)

Peliput : Ilham
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Tujuh Jabatan Esolon II di Butur Segera Dilelang