Dinsos Bakal Lakukan Validasi Warga Miskin di Butur

BURANGA, Rubriksultra.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Utara (Butur) akan melakukan validasi ulang data warga miskin yang dikeluarkan Badan Statistik tahun 2011. Pasalnya, data tersebut sudah mengalami banyak perubahan pada tahun 2018 ini.

Kepala Dinsos Butur Muliana mengatakan, panitia Basis Data Terpadu (BDT) telah terbentuk. Validasi data tahap awal akan dimulai September hingga Oktober. Hasilnya akan dikirim ke Kementrian Sosial.

- Advertisement -

Berdasarkan data Statistik tahun 2011, warga miskin di Butur berjumlah 45 ribu jiwa. Data ini telah mengalami banyak perubahan di tahun 2018. Data Statistik ini akan divalidasi ulang sampai mendapatkan BDT yang akurat.

“Yang kami kejar tahun 2019 tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak masuk BDT,” kata Muliana di kediamannya, Senin 27 Agustus 2018.

Mantan Asisten I Pemkab Butur ini menambahkan, panitia BDT sudah siap melakukan pendataan, serta pembentukan pendamping disetiap kecamatan, desa dan kelurahan.

BDT ini, lanjut Muliana, sangat dibutuhkan. Selama tidak masuk dalam BDT, warga miskin tidak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui dana APBN.

“Untuk menentukan seseorang masuk dalam kategori miskin atau tidak harus melalui musyawarah desa/kelurahan. Jadi datanya akurat. Sehingga pada saat pemberian bantuan tepat sasaran,” imbuhnya. (adm)

 

Peliput : Ilham
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  129 Hari Kampanye, Ini Harapan KPU