Baubau Butuh 20 Mobil Pengangkut Sampah

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau masih kekurangan 20 unit mobil pengangkut sampah. Kondisi ini mengakibatkan pelayanan belum bisa menyentuh seluruh kelurahan yang ada di Kota Baubau.

Plt Kepala DLH Kota Baubau, H. Sumarto Lanae mengatakan idealnya mobil pengangkut sampah untuk melayani keseluruhan wilayah di Baubau berjumlah 40 unit. Namun, saat ini DLH Baubau hanya memiliki sekitar 20 unit saja.

- Advertisement -

“Armada kita ini khan minimal harus 40 unit sementara kita ini hanya memiliki sekitar 20 unit saja. Artinya masih harus ada penambahan sekitar 20-an lagi untuk menjangkau seluruh wilayah,” katanya.

Sumarto Lanae yang juga menjabat staf ahli bidang pemerintahan, politik dan hukum Setda Kota Baubau ini mengaku jumlah armada saat ini masih sangat minim. Apagi hingga saat ini belum ada lagi penambahan armada.

Disisi lain, kondisi armada yang ada juga sudah mulai rusak-rusak karena kebanyakan mobil pengadaan lama. Hanya beberapa saja yang masih berfungsi baik karena merupakan pengadaan 2015 lalu.

Meski begitu, DLH Baubau terus berusaha memberikan pelayanan maksimal. Hasilnya terdapat 85 hingga 100 ton sampah masyarakat perhari yang bisa dilayani.

“Itu jumlah normalnya. Minim memang armada kita tapi kami terus berusaha maksimal. Apalagi kita ini khan sudah tiga kali meraih piala Adipura, ini harus tetap kita pertahankan tentu dengan kinerja maksimal,” tandasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Soal Isu Mutasi, Kery : ASN tak Perlu Galau