Vaksinasi Rubella Diperpanjang, Baubau Baru 42 Persen

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pencanangan pemberian vaksin Measles Rubella (MR) diperpanjang hingga 31 Oktober 2018. Sejatinya, pencanangan vaksinasi Rubella ini berakhir pada 30 September 2018 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, H. Edy Natsir mengatakan kebijakan penambahan waktu ini ditetapkan Kementerian Kesehatan RI. Olehnya, perpanjangan waktu ini serentak berlaku secara nasional.

- Advertisement -

Kebijakan perpanjangan ini karena cakupan keberhasilan pencanangan vaksinasi Rubella diseluruh daerah di Indonesia masih sangat rendah. Khusus Kota Baubau, capaian hingga saat ini baru 42 persen dari target awal sebanyak 49.353 anak.

Rendahnya capaian target disebabkan adanya pro kontra kandungan vaksinasi Rubella. Pro kontra ini mengakibatkan pencanangan sedikit tersendat.

“Cakupan kita masih rendah, sampai hari ini baru 42 persen. Nah, kalau menghitung hari khan tinggal beberapa hari lagi untuk mencapai target hingga 30 September. Tapi karena ini terjadi diseluruh Indonesia maka oleh kementerian memutuskan untuk menambah satu bulan lagi sampai 31 Oktober,” katanya ditemui di kantor Wali Kota Baubau, Kamis 27 September 2018.

Dengan adanya tambahan waktu ini, H. Edy Natsir berharap capaian target bisa dimaksimalkan hingga 100 persen. Olehnya, pihaknya mengaku telah mengumpulkan semua stekholder mulai dari kepala sekolah, kepala puskesmas, camat dan lurah agar mensosialisasikan pencanangan ini lebih jauh.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama ini kasus rubella di Kota Baubau bisa kita atasi. Termasuk yang belum kita garap, dengan tambahan waktu ini bisa kita garap secara keseluruhan,” katanya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Ini Lokasi Tes CPNS Wilayah Sultra Kepulauan