Gempa Bumi Guncang Kendari dan Pulau Wawonii

KENDARI, Rubriksultra.com – Gempa bumi kembali mengguncang bumi Anoa. Kali ini, gempa menggoyang ibu kota Sulawesi Tenggara, Kota Kendari dan Pulau Wawonii. Peristiwa gempa ini terjadi pada pukul 21.25 WITA Rabu 3 Oktober 2018.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.9.

- Advertisement -

“Lokasi pusat gempa berada di laut, 50 Km Timur laut Kendari-SULTRA pada koordinat 3,76 LS – 123.03 BT pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia, S.Si.

Ia menyebut, ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini terjadi akibat aktivitas sesar Lawanopo.

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara II MMI di Kendari dan Pulau Wawoni yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / II MMI) di Kendari dan di Wawoni Kabupaten Konawe Kepulauan. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” pungkasnya. (adm)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Rekrutmen P3K Masih Buram