Ini Empat Daerah yang Melaksanakan Tes CPNS di Baubau

LABUNGKARI, Rubriksultra.com – Pelamar CPNS dari Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel) tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mengikuti ujian Computer Assistment Test (CAT) CPNS 2018 di Kota Kendari.

Untuk empat daerah wilayah Sultra kepulauan ini telah dipetakan mengikuti ujian seleksi CPNS 2018 di Kota Baubau. Pelaksanaan tes CAT ini rencananya akan dihelat di SMK Negeri 1 Baubau.

- Advertisement -

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Samrin Saerani via telepon selulernya, Rabu 10 Oktober 2018. Kata dia, keputusan itu berdasarkan hasil rapat bersama seluruh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kota Makassar

“Dalam rapat itu, BKN memutuskan pelaksanaan tes untuk Kabupaten Buteng akan dilaksanakan di Kota Baubau, tepatnya di SMKN 1 Baubau. Pelaksanaan ini bersama tiga daerah lainnya di kawasan Kepulauan Buton (Kepton), diantaranya Kota Baubau, Buton Selatan dan Kabupaten Buton,” katanya.

Keputusan itu juga ditegaskan dengan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dalam surat itu Buteng masuk kategori daerah yang bisa melaksanakan tes CAT menggunakan gedung sekolah.

Samrin mengaku SMKN 1 Baubau ditunjuk menjadi lokasi penyelenggara seleksi CPNS untuk empat daerah setelah sebelumnya tim BKN melakukan verifikasi, baik lokasi, kesiapan fasilitas komputer, ruangan, jaringan, maupun ruang isolasi. Apalagi SMKN 1 Baubau sebelumnya sudah pernah melaksanakan ujian berbasis komputer.

Mengenai teknis pelaksanaan, Samrin mengaku akan dibagi dalam lima sesi tiap harinya. Satu sesi terdiri dari 150 peserta yang berarti dalam satu hari 750 peserta bisa dituntaskan.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Kota Baubau, H. Asmaun mengurai bila Kota Baubau masuk dalam satu dari tiga peta lokasi pelaksanaan tes CPNS 2018 di Sultra. Pelaksanaan tes bukan untuk memenuhi kebutuhan pelamar dari Kota Baubau saja melainkan untuk daerah Sultra kepulauan.

Baca Juga :  SAR Evakuasi Lima Nelayan Kolaka

H. Asmaun juga mengaku pelaksanaan tes CPNS 2018 akan dilaksanakan di SMKN 1 Baubau. Penetapan lokasi ini sesuai hasil verifikasi tim BKN.

“Awalnya itu kita ajukan dua lokasi yakni di SMPN 2 Baubau dan SMKN 1 Baubau. Tetapi setelah diverifikasi oleh tim dari BKN, SMKN 1 Baubau dipilih sebagai lokasi pelaksanaan,” tandasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments