Seleksi CPNS 2018, Baubau Buka Ruang Bagi Warga Luar

64

BAUBAU, Rubriksultra.com – Lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 bak magnet bagi para pencari kerja. Bukan hanya warga di daerah yang membuka lowongan saja, melainkan warga dari daerah lainpun ikut tersihir untuk mengabdikan diri kepada negara di daerah yang membuka formasi.

Di Kota Baubau misalnya, 152 kuota CPNS 2018 bakal diperebutkan pelamar yang bukan dari Kota Baubau saja. Tercatat terdapat beberapa pelamar dari daerah lain di Sultra seperti Kendari, Muna dan Konawe Selatan (Konsel) ikut bergabung dalam ketatnya kompetisi di Baubau.

Bahkan terdapat pelamar yang berasal dari lintas provinsi. Mereka berasal dari Kota Makassar dan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Yang dari luar Kota Baubau ada, dari Kendari, Muna dan Konsel menurut data pelamar yang telah mengembalikan berkas. Bahkan ada dari provinsi lain, seperti Makassar dan Bantaeng,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau, H. Asmaun di kantornya, Kamis pekan lalu (11/10/2018).

Tidak ada syarat khusus bagi pelamar dari luar daerah. Pemkot Baubau mempersilahkan untuk mendaftar menjadi abdi negara di Baubau.

“Kami welcome ya, sepanjang dia memenuhi persyaratan dan melengkapi berkas maka dimanapun asalnya tetap kami terima. Ini khan tes yang dilaksanakan secara nasional, tentu seluruh warga Indonesia memiliki hak yang sama,” katanya.

Mengenai alasan warga lintas provinsi ini ikut mendaftar di Baubau, H. Asmaun tak ingin berspekulasi lebih jauh. Namun ia memprediksi kemungkinan besar karena Baubau membuka jurusan yang sesuai dengan spesifikasi pendidikan sang pelamar. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Fix, Baubau Dapat 152 Kuota CPNS, Kesehatan Terbanyak