Naik Tipe, Polda Sultra Akan Dijabat Jenderal Bintang Dua

92

KENDARI, Rubriksultra.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sultra diprediksi akan dijabat oleh jenderal bintang dua dalam waktu dekat ini. Hal ini dipastikan setelah Polda Sultra diusulkan naik status dari tipe B menjadi tipe A.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt mengaku, hal ini diketahui setelah adanya pengarahan dari tim studi kelayakan perubahan tipe polda dari tipe B ke tipe A oleh Lemtala Srena Polri yang dipimpin oleh Karolemtala, Brigjen Pol Drs Sjamsul Sidiq SH MH, di Aula Dachara Polda Sultra, Selasa 16 Oktober 2018.

Atas hal itu, kata Harry, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto, SIK mengaku bangga dan bersyukur bahwa Polda Sultra merupakan salah satu Polda yang diperhitungkan di Mabes Polri.

“Namun perubahan tersebut tidak langsung, harus melalui kajian akademik sebagai salah satu syarat untuk peningkatan perubahan Tipe,” katanya, Selasa 16 Oktober 2018.

Ia menyebut, ada sembilan dimensi dari 48 indikator yang merupakan syarat utama dalam perubahan Tipe Polda sesuai dengan peraturan kepolisian Nomor 4 tahun 2018.

Sembilan dimensi tersebut yakni kondisi geografis, demografi, sumber daya alam, aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, harkamtibmas dan kemampuan kesatuan.

Beberapa pertimbangan perubahan kenaikan tipe Polda Sultra dari tipe B ke tipe A diantaranya secara geostrategis Sulawesi Tenggara merupakan wilayah yang sangat penting dan merupakan jalur pintu masuk pelaku kejahatan.

“Aspek pertumbuhan ekonomi, Sulawesi Tenggara meningkat secara signifikan, sehingga pembangunan fisik meningkat sangat pesat,” bebernya.

Selanjutnya, tantangan ekonomi global di berbagai bidang seperti perdagangan, transportasi, telekomunikasi dan lainnya akan berdampak pada meningkatnya gangguan Kamtibmas. (adm)

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments
Baca Juga :  Ikut Kampanye Sandiaga, Anggota Komisi Informasi Sultra Diproses Bawaslu