Ratusan Warga Gonda di Baubau Gelar Mataa

BAUBAU, Rubriksultra.com – Bulan Oktober menjadi bulan baik di Kota Baubau, setidaknya sejumlah acara bernuansa budaya banyak digelar diberbagai kawasan di kota ini. Seperti tadi malam, 16 Oktober 2018 dilangsungkan acara ‘Mataa’ di Kelurahan Gonda Baru Kecamatan Sorawolio, dihadiri Wali Kota Dr. H. AS. Tamrin, MH, anggota DPD RI Ir Wa Ode Hamsina Bolu, MT dan sejumlah artis nasional juga tampak menghadiri acara ini.

Dalam rilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.M.Si menjelaskan ritual Mataa di Gonda memang masih berkaitan dengan perayaan HUT Kota baubau ke 17 sebagai daerah otonom, sekaligus hari Jadi Baubau ke-477 Tahun.

- Advertisement -

Ritual Mataa, sebagaimana infromasi dari sejumlah tetua adat di daerah tersebut merupakan aktivitas doa tahunan ketika akan memulai musim tanam. “Karena ini ritual yang kami sebut Mataa, maka ada aturan mainnya yang ditentukan para tetua adat dan parabela,” tandas seorang tetua adat Gonda Baru.

Mataa sendiri merupakan kegiatan budaya yang turun temurun berlangsung sejak lama bagi etnis Laporo, termasuk yang berdiam di Kecamatan Sorawolio. “Kami sangat menghormati adat ini, karena filosofisnya berkaitan dengan permintaan doa kepada Allah SWT, agar hasil pertanian dan perkebunan kami dapat keberkahan sekaligus bisa panen melimpah,” imbu tetua adat itu lagi.

Berkaitan dengan acara ini, Wali Kota Dr. H. AS Tamrin, MH mengingatkan Mataa tidak saja sebagai ritual budaya tetapi juga wadah pemersatu dan pengikat silaturrahim antar warga. “Pupuk terus kekompakan ini, jaga silaturrahim dan terus berikhtiar agar usaha kita senantiasa dirahmati Allah SWT,” tandas wali kota.

Hal lain yang diungkap wali kota berkaitan dengan semangat gotong royong mempersiapkan acara ini. Pemerintah memberi apresiasi positif, sekaligus menjadikan event tersebut sebagai salah satu daya tarik wisata Kota Baubau dari unsur budaya.

Baca Juga :  Bawaslu Baubau Kantongi Data Peluncur Serangan Fajar

Apalagi kata AS Tamrin, persoalan Budaya merupakan satu dari empat pilar yang menjadi program strategisnya di kepemimpinan Tampil Manis, 2018-2023. (adm)

Facebook Comments