Wali Kota Doakan Keselamatan Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com – Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin memanjatkan doa keselamatan untuk Baubau usai memperingati puncak hari jadi Baubau ke 477 dan HUT Baubau ke 17 di kantor Wali Kota Baubau, Selasa 17 Oktober 2018. Doa itu dipanjatkan dalam prosesi Santiago atau ziarah ke makam Sultan Murhum.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Baubau, H. Idrus Taufik Saidi mengatakan prosesi Santiago ini merupakan salah satu rangkaian hari jadi Baubau dan HUT Baubau. Santiago, kata dia, lebih kepada napak tilas mengenang apa yang telah dilakukan sejak zaman dulu.

“Mulai dari zaman kerajaan terus zaman kesultanan hingga saat ini, ritual ini tetap dipertahankan,” katanya.

Santiago dalam ritualnya diawali oleh kepala daerah atau pemimpin dinegeri ini dari rumah atau istana menuju ke tempat ziarah makam Sultan Murhum. Dikandung makna untuk memanjatkan doa keselamatan dan berharap negeri ini menjadi lebih baik lagi dalam penuturannya.

“Seperti kita saksikan, prosesi doa dan Santiago ini dilakukan dengan iring-iringan Galangi sampai dengan selesai pembacaannya. Tidak ada maksud lain, intinya adalah ziarah kubur dengan harapan negeri kita, terkhusus Kota Baubau dapat dijauhkan dari segala macam bencana,” tukasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Gubernur Sultra Dukung Pengembangan Produksi Ikan Asap Tuna di Baubau