Pasrtisipasi Pemilih di Baubau Masih Rendah

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar tak menampik persentase keikutsertaan pemilih di Kota Baubau masih rendah. Hal ini merupakan pekerjaan rumah penyelenggara pemilu dan pemerintah Kota Baubau untuk ditingkatkan.

“Ini adalah masalah yang selama ini kita rasakan. Makanya saya minta kepada Disdukcapil Baubau, terus berupaya lebih besar lagi, lebih giat lagi guna mencari para pemilih pemula untuk meningkatkan persentase pemilih pada Pileg dan Pilpres 2019 ini,” kata Dr Roni Muhtar saat launching GMHP KPUD Baubau di Lippo Plaza Buton, belum lama ini.

- Advertisement -

Jenderal ASN di Baubau ini menilai pemilih pemula masih sangat kurang informasi mengenai pemilihan umum. Makanya perlu didorong agar membuat kelengkapan administrasi di kantor pelayanan pencatatan sipil.

Bisa jadi, kata dia, ada keinginan besar dari pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilih. Namun karena tidak adanya e-KTP maka hak pilihnya tak tersalurkan dengan baik.

“Nah, untuk menaikan persentase itu maka kita harus menjaring anak-anak yang sudah memungkinkan memiliki KTP tapi belum memiliki KTP. Bangun hubungan dengan sekolah. Ingat, Sekda mewakili kepala daerah akan memantau itu,” katanya.

Selain Disdukcapil Baubau, KPUD Baubau juga harus kerja ekstra. Ditingkat kelurahan mulai dari lurah bergerak serentak untuk menjaring di masing-masing kelurahan hingga ke RT/RW agar yang belum memiliki KTP segera memiliki KTP.

“Itu kuncinya. Ini juga perlu didukung PPK dan PPS untuk melakukan verifikasi yang baik,” tandasnya. (adm)

 

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Layanan Gratis Vaksin di Baubau Buka Setiap Hari